Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Afganistan Tangkap Dua Pemimpin Haqqani

Kompas.com - 12/11/2012, 18:02 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pasukan Afganistan menangkap dua orang pemimpin Haqqani, kelompok yang terjalin dengan jaringan Taliban. "Penangkapan terjadi di Provinsi Paktiya," kata pihak pasukan Afganistan dalam operasi bersama pasukan NATO itu.

Menurut warta AP pada Senin (12/11/2012), kelompok Haqqani kebanyakan beroperasi di kawasan timur Afganistan. Kelompok ini juga memiliki basis di Kabul. Mereka acap berhadapan dengan pasukan Afganistan dan NATO.

Kedua pemimpin Haqqani itu bakal menghadapi tuduhan distribusi senjata dan bom jalanan (IED) di pusat Provinsi Paktiya.

Sementara itu, pada operasi di Provinsi Logar, pasukan koalisi berhasil menangkap satu orang pemimpin Haqqani lainnya. "Pemimpin ini akan berhadapan dengan tuduhan fasilitasi persenjataan ilegal dan penyerangan kepada pasukan koalisi di Provinsi Logar," kata pernyataan pihak NATO.

Selanjutnya, pasukan koalisi juga menangkap seorang pemimpin Taliban di Kandahar, selatan Afganistan. "Dia bertanggung jawab menyiapkan materi, senjata, dan amunisi bom jalanan, termasuk merekrut kelompok-kelompok penyerang," demikian pasukan Afganistan dan NATO.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com