Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Kirim Tembakan Peringatan ke Suriah

Kompas.com - 12/11/2012, 14:44 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Militer Israel mengatakan mereka telah melepaskan tembakan peringatan ke Suriah setelah peluru mortar yang ditembakkan dari Suriah menghantam pos Israel di Dataran Tinggi Golan.

Ini adalah pertamakalinya Israel melepaskan tembakan ke pasukan Suriah sejak perang Timur Tengah pada 1973.

Insiden terkini itu terjadi beberapa hari setelah sebuah mobil terkena tembakan Suriah di Golan dan menyebabkan pasukan Israel meningkatkan kewaspadaan.

Kedua negara itu secara formal masih terlibat perang dan pasukan PBB berjaga di sepanjang zona netral.

Pasukan Pertahanan Israel (IDF) telah melaporkan keluhan melalui pasukan PBB yang beroperasi di kawasan itu menyatakan bahwa tembakan dari Suriah ke Israel tidak akan ditoleransi dan “akan dibalas dengan keras.”

Menteri Pertahanan Ehud Barak mengatakan bahwa “serangan mortar ke Israel dari Suriah akan memicu balasan yang lebih parah dan akan sangat merugikan Suriah.”

‘Tembakan peringatan’

Dalam pernyataan yang dimuat di situs mereka pada hari Sabtu, IDF mengatakan bahwa “mortir telah menghantam satu pos IDF di Golan dekat perbatasan Israel-Suriah, yang merupakan bagian dari konflik internal di Suriah.”

Tidak ada kerusakan atau korban luka yang dilaporkan, tetapi sebagai balasan, “Pasukan Israel menembakkan tembakan peringatan ke wilayah Suriah.”

Pekan lalu pasukan Israel mengatakan tiga tank Suriah telah memasuki kawasan demarkasi di wilayah itu untuk mengatasi pasukan pemberontak.

Israel mengeluh kepada pasukan penjaga perdamaian PBB dan kepala staf militer Benny Gantz mengunjungi Golan, memperingatkan pasukan untuk meningkatkan kewaspadaan dan mencegah konflik di Suriah merembet ke perbatasan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com