Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Resmi Dukung Oposisi Suriah

Kompas.com - 12/11/2012, 12:46 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com - Pemerintah Amerika Serikat, Minggu (11/11/2012) malam, menyatakan dukungannya untuk oposisi Suriah, setelah berbagai kelompok oposisi yang menentang Presiden Bashar al-Assad memutuskan untuk bersatu dalam pertemuan di Doha, Qatar.

"Kami mendukung Koalisi Nasional, ketika mereka memiliki tujuan sama yaitu mengakhiri pemerintahan berdarah Assad dan memulai sebuah pemerintahan damai, adil, dengan masa depan demokrasi bagi seluruh rakyat Suriah," kata juru bicara Kementerian Luar Negeri AS, Mark Toner.

Dalam salinan dokumen yang diterima AFP, semua kelompok oposisi setuju bekerja sama untuk menjatuhkan rezim Suriah beserta simbol-simbol dan pilar-pilarnya. Kelompok oposisi juga menegaskan tidak akan menggelar dialog dengan pemerintah Assad.

Kelompo Oposisi juga sepakat menyatukan seluruh pasukan perdamaian dalam satu dewan militer tertinggi dan menyusun sebuah komisi yudisial nasional untuk kawasan yang dikuasai pemberontak.

Pemerintahan sementara juga akan dibentuk setelah koalisi ini mendapat pengakuan internasional. Saat pemerintahan Assad jatuh, maka sebuah pemerintahan transisi akan didirikan.

Toner menambahkan Amerika Serikat mengucapkan selamat atas terbentuknya Koalisi Nasional Suriah ini dan mengucapkan terima kasih atas dukungan pemerintah Qatar.

"Kami akan bekerja sama dengan Koalisi Nasional untuk memastikan bantuan kemanusiaan kami bisa diterima rakyat Suriah," tandas Toner.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com