Kompas.com - 12/11/2012, 09:44 WIB
EditorEgidius Patnistik

NEW YORK, KOMPAS.com - Sekjen PBB, Ban Ki-moon, Minggu (11/11), mengimbau Israel dan Suriah untuk meredakan ketegangan di wilayah perbatasan yang disengketakan di Dataran Tinggi Golan di tengah peringatan bahwa konflik di Suriah bisa menyebar.

Israel melepaskan sejumlah tembakan peringatan ke wilayah Suriah setelah sebuah mortir dari sisi Suriah menghantam wilayah Israel di Golan, kata para pejabat.

"Sekjen sangat prihatin dengan potensi eskalasi itu," kata Juru Bicara PBB Martin Nesirky. "Dia meminta untuk menahan diri" dan mendesak kedua pihak menegakkan kesepakatan 1974 yang mengatur tetang gencatan senjata dan zona demiliterisasi yang dijaga pasukan PBB.

Suriah dan Israel harus berhenti "menembak apapun" yang melintasi garis gencatan senjata, tambah Ban, yang telah membuat peringatan berulang kali bahwa konflik Suriah yang telah berlangsung 20 bulan bisa meluas menjadi pertempuran dengan sejumlah negara tetangga yaitu Israel, Lebanon dan Turki.

Ban "prihatin" dengan laporan tentang pertempuran antara pasukan Presiden Bashar al-Assad dan pemberontak oposisi di zona demiliterisasi di Golan, kata jurubicara itu. Menurut PBB, tidak ada korban warga sipil atau personel PBB yang dilaporkan.

Para perwira senior di UN Disengagement Observer Force (UNDOF) telah menuntut tentara Suriah untuk menarik diri dari zona itu, kata para pejabat PBB itu.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.