Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden SBY Ucapkan Selamat kepada Obama

Kompas.com - 09/11/2012, 16:48 WIB
Kontributor Denpasar, Muhammad Hasanudin

Penulis

DENPASAR.KOMPAS.com - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengucapkan selamat kepada Barrack Obama yang terpilih kembali menjadi Presiden Amerika Serikat untuk masa jabatan kedua.

Namun, Presiden Yudhoyono belum dapat menyampaikan langsung ucapan selamat melalui telepon karena kesibukannya.

"Saya sudah menyampaikan ucapan selamat saya kepada Presiden Obama dan saya masih menunggu untuk bisa berkomunikasi langsung melalui telepon, karena pasti Presiden Obama sibuk sekali," ujar Presiden Yudhoyonao dalam konferensi pers di Nusa Dua, Bali, Jum'at (9/11/2012).

"Tetapi saya ingin berkomunikasi langsung sebagaimana komunikasi saya kepada pemimpin dunia manakala yang bersangkutan terpilih kembali sebagai presiden atau perdana menteri," imbuhnya.

Bagi Indonesia, kata Presiden, terpilihnya kembali Obama diharapkan mampu meningkatkan kemitraan strategis yang bertumpu pada sikap saling menghormarti, mutual respect dan mutual benefit.

"Satu kerjasama setara yang membawa manfaat tidak hanya bagi Indonesia dan Amerika Serikat, tapi juga membawa manfaat bagi kawasan dan dunia," papar Presiden.

Dalam pemilihan presiden AS yang digelar pada Selasa (6/11/2012), Barack Obama dipastikan kembali menjadi presiden negeri adi daya itu setelah mengalahkan pesaingnya dari Partai Repubik, Mitt Romney.

Meski menjelang pemungutan suara banyak jajak pendapat yang menempatkan Obama dan Romney dalam posisi imbang, namun Obama dengan mudah memenangkan pemilihan setelah merebut tujuh dari 12 swing states yang diperebutkan.


 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com