Kompas.com - 09/11/2012, 16:16 WIB
|
EditorHertanto Soebijoto

JAKARTA, KOMPAS.com — Tidak kapok. Mungkin sebutan itu yang paling tepat menggambarkan RC alias Eko. Dialah aktor utama di balik perampokan terhadap Michelle Widyawati (23) dan Erna Setyawati, ibunya. Ternyata RC merupakan seorang residivis yang baru setahun menghirup udara bebas.

Menurut Kasat Resmob Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Herry Heryawan, RC telah meringkuk di penjara sejak 2008 dan telah divonis selama enam tahun. Kejahatan yang dilakukannya kala itu pun sama dengan yang dilakukannya sekarang: merampok penumpang taksi.

"Namun, tahun 2011 ternyata dia sudah bisa keluar," kata Herry di Mapolda Metro Jaya, Jumat (9/11/12).

Alih-alih memanfaatkan kebebasan tersebut untuk mencari pekerjaan lebih layak, RC justru mengajak rekan-rekannya, yaitu HR, IW, AP, DA, KA dan ED, untuk berbuat kejahatan. Bersama keenam rekannya ini, RC kembali menjalankan aksi yang dulu mengirimnya ke hotel prodeo: merampok penumpang taksi.

Michelle dan Erna Setyawati, ibunya, bukanlah satu-satunya korban komplotan RC. Tak tanggung-tanggung, sepanjang tahun 2012, RC telah melakukan aksi perampokan terhadap penumpang taksi sebanyak 13 kali.

"Mereka kerap menggunakan taksi Indah Family dan Primajasa," kata Herry.

Berdasarkan data yang diterima Kompas.com, kelompok ini paling sering menyasar daerah Jakarta Selatan dan Serpong BSD, Tangerang. Tercatat, RC dkk telah beraksi di daerah ini masing-masing sebanyak tiga kali.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

"Di Jaksel, mereka dua kali merampok di daerah Mal Pondok Indah dan satu kali di daerah Mal Ambassador," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Rikwanto.

Selain Jakarta Selatan dan BSD, para pelaku pernah merampok di daerah Puri Mal Kembangan, Jakarta Barat, dan Roxy Mas, Gambir, Jakarta Pusat masing-masing dua kali. Di Jakarta Utara dan Jakarta Timur, serta Bekasi masing-masing sekali, yaitu di daerah Rumah Duka Atmajaya Pluit, TMII, dan Mal Metropolitan.

Rikwanto mengatakan, Herry juga membenarkan bahwa RC jugalah yang menjadi pelaku perampokan terhadap Ratna Komalasari (34) yang menjadi korban pada hari Minggu (28/10/2012) atau sehari setelah kejadian yang menimpa Michelle.

Halaman:
Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.