Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Partai Republik Mulai Hadang Obama

Kompas.com - 09/11/2012, 09:48 WIB
Simon Saragih

Penulis

WASHINGTON, KOMPAS.com- Salah satu janji Presiden AS Barack Obama adalah agar warga terkaya AS berkorban sedikit demi perbaikan ekonomi. AS sedang dihadapkan pada defisit besar anggaran negara.

Defisit ini harus diturunkan, antara lain dengan menaikkan pajak. Salah satu hal yang dicanangkan Obama adalah kenaikan pajak.

Akan tetapi Partai Republik mulai menyatakan perlawanan. Ketua DPR AS, John Boehner dari Partai Republik malah mengindikasikan program pengeluaran pemerintah AS untuk kelompok tak mampu seperti Obamacare, tidak akan jalan.

Boehner juga mengatakan niat Obama menaikkan pajak untuk warga terkaya pasti tidak akan disetujui DPR AS, yang dikuasai Partai Republik. "DPR pasti tidak akan menyetujuinya," kata Boehner, dari Partai Republik, yang selalu menolak kenaikan pajak.

Partai Republik adalah partai yang paling disukai korporasi karena kebijakan partai yang selalu berpihak pada korporasi. Ini adalah tugas terberat Obama yang segera menghadang.

Ekonomi memerlukan sumber penerimaan baru dan perlu menurunkan pengeluaran demi menurunkan defisit.

Wartawan ABC menantang Boehner, mengapa Partai Republik selalu memperlihatkan sikap kaku? Boehner menjawab dengan mengatakan bahwa itu tergantung pembicaraan dengan Obama.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com