Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Assad: Saya Hidup dan Mati di Suriah

Kompas.com - 08/11/2012, 18:56 WIB

DAMASKUS, KOMPAS.com - Dalam wawancarannya dengan stasiun televisi Rusia berbahasa Arab, Rusiya Al-Yaum, Kamis (8/11/2012), Presiden Suriah, Bashar al-Assad menolak saran agar dirinya mencari cara aman untuk meninggalkan Suriah.

"Saya bukan boneka. Saya orang Suriah dan saya harus hidup dan mati di Suriah," kata Assad, yang sudah hampir 20 bulan menghadapi pemberontak yang ingin menggulingkan kekuasaannya.

Sebelumnya, Perdana Menteri Inggris, David Cameron yang mengapungkan usulan yang menjamin jalan aman untuk Assad meninggalkan negeri yang saat ini dicabik perang itu.

Selain menolak usulan untuk meninggalkan Suriah, Assad memperingatkan agar dunia internasional tidak ikut campur dalam kondlik Suriah.

Dia mengatakan intervensi internasional justru bisa meningkatkan konsekuensi global dan mengganggu stabilitas regional.

"Suriah adalah benteng terakhir sekularisme, stabilitas dan koeskistensi di Timur Tengah," kata Assad.

"Intervensi internasional bisa menghasilkan efek domino yang akan mempengaruhi kawasan Atlantik hingga Pasifik," ujarnya.

"Harga intervensi internasional, jika benar-benar dilakukan, akan jauh lebih besar dari yang bisa ditanggung dunia," dia menegaskan.

Banyak pihak yang terlibat dalam konflik berdarah yang sudah menelan 37.000 nyawa itu mendesak dunia internasional untuk melakukan intervensi demi menghentikan pertumpahan darah yang main tidak terkendali di Suriah.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com