Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anda Sedang Ingin Beli Pulau?

Kompas.com - 08/11/2012, 14:27 WIB

KOMPAS.com — Tidak selamanya membeli pulau hanya bertujuan untuk meningkatkan status dan gengsi. Memiliki sebuah pulau yang dikelilingi oleh perairan juga dapat memberikan privasi tersendiri.

Privasi tersebut tidak bisa Anda dapatkan di rumah mewah mana pun di tengah kota. Jika tengah mencari lokasi "persembunyian" berupa sebuah pulau, kini Anda tengah beruntung.

Sebuah pulau bernama Nay Pond dijual seharga Rp 1.152.600.000. Pulau ini hanya memiliki sebuah pondok dengan ukuran 37 meter persegi.

Namun, "murahnya" harga pulau ini bukan berarti pulau tersebut memiliki banyak kekurangan. Walaupun sangat sederhana, pulau kecil ini juga menawarkan berbagai keuntungan sama seperti jika Anda membeli pulau berukuran besar.

Tentunya, pulau ini ideal bagi Anda yang ingin berada dekat dengan alam dan menyukai olahraga air. Selain itu, pulau ini berharga miring lantaran berada di Milan, New Hampshire, Amerika Serikat (AS).

Bisa dikatakan, daerah ini bukan daerah yang populer sebagai lokasi pulau pribadi. Lokasi pulau pribadi paling populer di AS adalah Florida. Florida adalah lokasi pulau-pulau termahal di dunia.

Satu pulau di Florida yang saat ini juga tengah masuk ke pasaran adalah Pulau Little Bokeelia. Pulau tersebut dijual dengan harga Rp 283.347.500.000. Pulau tersebut berukuran 42 hektar dan berisi sebuah rumah mewah dan beberapa pondok (cottage) kecil.

Menurut agen real estat, penjualan pulau sedang sepi pembeli selama dua tahun belakangan ini lantaran krisis ekonomi. Harga pulau juga menurun hingga 25 persen pada tahun lalu. Namun, menurunnya harga pulau justru menunjukkan tanda-tanda pembeli akan mulai lagi membeli pulau.

"Ada sedikit tanda-tanda perbaikan. Kami memiliki beberapa permohonan, tidak seperti tahun lalu," ujar Farhad.

Vladi, pemilik sebuah perusahaan broker internasional berbasis di Hamburg, Jerman, mengatakan kepada Wall Street Journal. Sejauh ini Vladi telah menjual 50 pulau di Amerika Utara sepanjang 2012. Tahun lalu, ia hanya mampu menjual sepuluh pulau.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com