Kompas.com - 08/11/2012, 14:27 WIB
EditorLatief

KOMPAS.com — Tidak selamanya membeli pulau hanya bertujuan untuk meningkatkan status dan gengsi. Memiliki sebuah pulau yang dikelilingi oleh perairan juga dapat memberikan privasi tersendiri.

Privasi tersebut tidak bisa Anda dapatkan di rumah mewah mana pun di tengah kota. Jika tengah mencari lokasi "persembunyian" berupa sebuah pulau, kini Anda tengah beruntung.

Sebuah pulau bernama Nay Pond dijual seharga Rp 1.152.600.000. Pulau ini hanya memiliki sebuah pondok dengan ukuran 37 meter persegi.

Namun, "murahnya" harga pulau ini bukan berarti pulau tersebut memiliki banyak kekurangan. Walaupun sangat sederhana, pulau kecil ini juga menawarkan berbagai keuntungan sama seperti jika Anda membeli pulau berukuran besar.

Tentunya, pulau ini ideal bagi Anda yang ingin berada dekat dengan alam dan menyukai olahraga air. Selain itu, pulau ini berharga miring lantaran berada di Milan, New Hampshire, Amerika Serikat (AS).

Bisa dikatakan, daerah ini bukan daerah yang populer sebagai lokasi pulau pribadi. Lokasi pulau pribadi paling populer di AS adalah Florida. Florida adalah lokasi pulau-pulau termahal di dunia.

Satu pulau di Florida yang saat ini juga tengah masuk ke pasaran adalah Pulau Little Bokeelia. Pulau tersebut dijual dengan harga Rp 283.347.500.000. Pulau tersebut berukuran 42 hektar dan berisi sebuah rumah mewah dan beberapa pondok (cottage) kecil.

Menurut agen real estat, penjualan pulau sedang sepi pembeli selama dua tahun belakangan ini lantaran krisis ekonomi. Harga pulau juga menurun hingga 25 persen pada tahun lalu. Namun, menurunnya harga pulau justru menunjukkan tanda-tanda pembeli akan mulai lagi membeli pulau.

"Ada sedikit tanda-tanda perbaikan. Kami memiliki beberapa permohonan, tidak seperti tahun lalu," ujar Farhad.

Vladi, pemilik sebuah perusahaan broker internasional berbasis di Hamburg, Jerman, mengatakan kepada Wall Street Journal. Sejauh ini Vladi telah menjual 50 pulau di Amerika Utara sepanjang 2012. Tahun lalu, ia hanya mampu menjual sepuluh pulau.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
komentar di artikel lainnya
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.