Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tetap Memilih Meski Akan Melahirkan

Kompas.com - 07/11/2012, 16:16 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com - Pemilihan presiden AS, praktis telah berakhir, namun berbagai kisah seputar pemilu AS ini banyak tersisa. Salah satunya adalah kisah seorang pemilih pemula, Galicia Malone.

Bagi Galicia (21), warga Dolton, Illinois, pinggiran Chicago, tak ada yang bisa menghalanginya memberikan suara untuk pertama kalinya, termasuk anak pertamanya yang akan lahir bertepatan dengan hari pemungutan suara, Selasa (6/11/2011).

Sejak Selasa dini hari, tanda-tanda menuju kelahiran sudah semakin nyata. Bahkan, Galicia sudah mengalami kontraksi setiap lima menit. Namun, dalam perjalanan menuju rumah sakit, Galicia bersikukuh ingin memberikan suara.

Akhirnya, di tengah perjalanan menuju rumah sakit, akhirnya Galicia pun mampir di salah satu TPS di Gereja New Life Celebration, untuk memberikan suara. Demikian pernyataan petugas Cook County, David Orr.

"Saya belum pernah memberikan suara jadi ini adalah perubahan besar dalam hidup saya," kata Galicia kepada radio WBBM, Chicago.

"Dan saya ingin, peristiwa ini menjadi batu penjuru untuk putri saya," lanjut dia.
 
Lalu sulitkan Galicia memberikan suaranya di tengah kontraksi lima menit sekali?

"Saya hanya berusaha membaca (kertas suara) dan bernafas. Membaca dan bernafas. Itu yang saya katakan kepada diri saya sendiri, baca dan bernafas," kenang Galicia.

"Saya sangat salut kepada Galicia yang tak membiarkan apapun menghalanginya memberikan suara. Dia adalah contoh bagus untuk generasi mendatang," kata David Orr.

Lalu siapa yang dipilih Galicia? Untuk yang satu ini dia tidak menjawabnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

    Terpopuler

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com