Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Sapa Pendukung Lewat Twitter dan Surel

Kompas.com - 07/11/2012, 15:27 WIB

CHICAGO, KOMPAS.com — Presiden AS terpilih, Barack Obama, memang sosok yang sangat "melek" teknologi. Dia sangat memahami bahwa peran jejaring sosial seperti Twitter atau Facebook sangat penting dalam menyampaikan banyak hal.

Sebelum tampil dan menyampaikan pidato kemenangannya, Obama terlebih dulu menyapa para pendukungnya lewat jejaring sosial.

"Semua ini terjadi karena Anda. Terima kasih," tulis Obama lewat akun Twitter-nya.

"Kita semua bagian dari semua ini. Itulah cara kami berkampanye dan itulah kita. Terima kasih," tambah Obama masih lewat Twitter.

"Kicauan" Obama belum berhenti. Dalam posting ketiganya di Twitter, Obama dengan singkat menulis, "Empat Tahun Lagi", sembari mengunggah fotonya memeluk sang istri, Michelle.

Selain Twitter, Obama juga menulis sebuah surat elektronik (surel). Dalam surel itu, Obama berjanji akan mendedikasikan masa jabatannya yang kedua ini untuk menghargai dukungan warga dan menyelesaikan semua yang sudah dimulainya.

"Hari ini adalah satu bukti lagi bahwa rakyat Amerika bisa mengatakan kekuatan modal. Masih banyak pekerjaan yang harus dilakukan," kata Obama dalam surelnya itu.

Sementara di Washington DC, ribuan orang menari dan mengibarkan bendera AS di luar Gedung Putih setelah dipastikan Obama terpilih kembali.

"Empat tahun lagi, empat tahun lagi," demikian sorak-sorai pendukung Obama di ibu kota AS itu.

Ribuan orang juga berulang kali memanggil nama Obama dan saling berpelukan, bahkan dengan orang yang sama sekali tidak dikenal.

Pemilihan presiden AS kali ini dianggap sebagai salah satu yang paling ketat dalam beberapa dekade terakhir. Namun, akhirnya Obama memenangkan pemilihan umum ini dengan relatif mudah.

Setelah melalui kampanye panjang dan mahal, Obama berhasil merebut tujuh dari 12 negara bagian kunci atau battleground states. Romney menang di North Carolina, tetapi Obama menyapu habis Ohio, Iowa, New Hampshire, Nevada, Wisconsin, Virginia, dan Colorado.

Saat suara dari satu lagi swing state, yaitu Florida, belum dihitung, Obama sudah memenangi 303 electoral college berbanding 206 untuk Romney.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com