Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Beri Ucapan Selamat, Korsel Ingatkan Obama soal Korut

Kompas.com - 07/11/2012, 15:10 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Korea Selatan resmi mengucapkan selamat atas terpilih kembalinya Presiden Barack Obama. "Kami mengucapkan selamat kepada Presiden Barack Obama," kata Cheong Wa Dae dari Kantor Kepresidenan Korsel, sebagaimana warta Yonhap pada Rabu (7/11/2012).

Obama memenangi pertarungan melawan penantangnya dari Partai Republik, Mitt Romney. Mengantongi 209 suara dari total 538, Barack Obama sukses menggamit suara dari negara-negara bagian yang terbilang labil dalam menentukan suara (swing state), seperti Ohio, Pennsylvania, Wisconsin, Iowa, Nevada, dan New Hampshire.

Lebih lanjut, Wa Dae mengatakan kalau Korsel memberikan catatan soal koordinasi dalam penyelesaian isu nuklir Korea Utara. "Kami berharap AS tetap berkoordinasi mencapai perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea dan kawasan Timur Laut Asia," imbuhnya.

Sementara itu, partai berhaluan tengah kiri, Partai Persatuan Demokratik (DUP), juga memberikan ucapan selamat kepada Obama. Bersama seterunya, Partai Liberal, DUP bakal saling bersaing pada pemilihan umum presiden Korsel pada 19 Desember 2012.

Kenyataannya, di Korsel, nama Barack Obama memang lebih moncer ketimbang Mitt Romney. Jajak pendapat termutakhir dari Institut Asan untuk Studi-studi Kebijakan yang berbasis di Seoul menunjukkan, 53,5 persen responden memilih Barack Obama ketimbang Mitt Romney. Dalam survei itu, Romney cuma menggenggam 6,9 suara responden.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com