Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paul McCartney Pun Desak Penggemarnya Dukung Obama

Kompas.com - 07/11/2012, 15:06 WIB

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Usaha sejumlah selebriti untuk mengarahkan warga Amerika Serikat agar memilih calon presiden terbaik mereka, Barack Obama, akhirnya berbuah manis.

Presiden kulit hitam pertama itu pun kembali terpilih sebagai Presiden AS untuk kedua kalinya. Tak cuma penyanyi Bruce Springsteen dan Beyonce Knowles beserta suaminya, Jay-Z, usaha penggalangan suara untuk Obama juga dilakukan Sir Paul McCartney.

Mantan personel grup legendaris The Beatles ini pun mendorong agar warga AS kembali memberikan suaranya kepada Obama.

Sehari sebelum pemilihan, McCartney dan rekan di grup bandnya mengunggah sebuah video yang berisi ajakan kepada para fansnya di Amerika untuk memilih Obama. "6 November adalah hari pemilihan dan kami mendorong kalian untuk keluar dan memilih. Ini sangat penting."
 
"Tiga rekan saya di band adalah warga Amerika... dan mereka telah siap memilih. Anda tahu siapa yang akan dipilihnya? Obama!"

"Ini yang kami pikir Anda harus memilih. Mari kita dorong dia (Obama) kembali ke kantornya!" tekan McCartney.

Seperti diberitakan, Presidan Obama kembali terpilih sebagai Presiden AS setelah meraih 41.897.882 suara.

Secara nasional, capres dari Partai Republik, Mitt Romney, meraih suara terbanyak ketimbang suara yang diraih Obama. Romney meraih 42.620.788 suara.

Meski demikian, tingginya suara tak lantas mengantarkan Romney menjadi presiden. Penentu kemenangan seorang capres AS ditentukan pada alokasi suara berdasarkan porsi kemenangan di 51 negara bagian. Berdasarkan alokasi suara itu, seorang capres harus meraih minimal 270 suara.

Obama unggul di negara bagian California, yang memiliki alokasi 55 suara. Jumlah suara inilah yang kemudian menjadi milik Obama.

Obama juga unggul di Illinois dengan 20 jatah suara. Sementara Romney menang di banyak negara bagian dengan jatah suara yang kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com