Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Israel Ucapkan Selamat kepada Obama

Kompas.com - 07/11/2012, 14:46 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com — Wakil Perdana Menteri Israel Silvan Shalom, Rabu (7/11/2012), mengucapkan selamat kepada Barack Obama atas kesuksesan terpilih kembali sebagai Presiden AS. Shalom mengatakan, negara Yahudi itu mengharapkan hubungan dengan Washington tetap kuat pada periode kedua masa jabatan Obama.

"Pemerintah AS telah mendukung Israel dalam bidang politik, keamanan, dan ekonomi karena kami memiliki kepentingan dan nilai-nilai bersama," kata Shalom kepada radio publik.

"Barack Obama telah bersama kami selama masa-masa yang paling sensitif," ujarnya. "Orang-orang yang mengatakan bahwa ini akan jadi sulit dan bahwa akan ada konfrontasi pada periode kedua Obama adalah salah."

Hubungan antara Obama dan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu saat ini tegang. Pemimpin Israel itu memberi dukungan kepada calon dari Partai Republik yang merupakan lawan Obama, yaitu Mitt Romney. Namun, dalam beberapa pekan terakhir, saat peluang terpilih kembalinya Obama semakin besar, para pejabat Israel telah berusaha menekankan bahwa masa jabatan kedua Obama tidak membuat hubungan bilateral kedua negara memburuk.

Kantor Netanyahu sejauh ini belum bereaksi atas terpilih kembalinya Obama. Ia tampaknya menunggu hingga setelah pidato penerimaan Obama untuk memberikan komentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

    Terpopuler

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com