Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Ini Terjadi karena Kalian, Terima Kasih!

Kompas.com - 07/11/2012, 13:17 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden AS Barack Obama kembali meraih kursi Gedung Putih, Selasa (6/11) waktu setempat, untuk masa jabatan kedua selama empat tahun ke depan.

Obama menciptakan kemenangan bersejarah lagi. Dengan menantang arus pemulihan ekonomi yang lambat dan angka pengangguran yang tinggi, ia mengalahkan lawannya dari Partai Republik Mitt Romney yang selama masa kampanye menjanjikan cara pemulihan ekonomi yang cepat dan jitu.

Dengan kemenangannya itu, Obama menjadi kader Partai Demokrat kedua yang meraih masa jabatan empat tahun kedua di Gedung Putih sejak Perang Dunia II. Kemenangannya kali, walau penghitungan suara total belum selesai, ditentukan oleh raihan suara elektoral di Negara Bagian Ohio. Obama telah meraih 275 electoral votes dengan menang di Ohio. Walau pemungutan suara dari sejumlah negara bagian yang masuk kategori swing states, seperti Florida dan Virginia, masih harus dipastikan, Obama sudah memiliki 275 electoral votes, lebih dari 270 yang dibutuhkan untuk meraih kuris Gedung Putih.

"Hal ini terjadi karena kalian. Terima kasih," demikian kicauan Obama kepada 22 juta pengikutnya di Twitter menyusul kemenangannya itu.

Kegembiraan pun membahana di pesta kemenangan Obama di Chicago saat presiden Amerika-Afrika pertama itu memastikan tempatnya aman di Gedung Putih untuk empat tahun ke depan.

Selama ini, para pembantu Romney meramalkan bahwa gelombang terakhir kampanye Romney akan menyapu Obama dari Gedung Putih setelah masa jabatannya dihantui pemulihan yang lambat terhadap krisis ekonomi terburuk sejak Depresi Besar tahun 1930-an dan angka pengangguran yang tinggi. Namun sorak-sorai terdengar di markas Obama ketika jaringan televisi memproyeksikan bahwa Obama akan mempertahankan Pennsylvania dan 20 electoral votes-nya. Pesta pun berkembang makin liar karena jaringan televisi juga menyebut Obama menang di Wisconsin dan Michigan.

Obama menunggu kepastian nasibnya di kampung halamannya di Chicago, sementara Romney, seorang mantan manajer investasi multi-jutawan dan mantan gubernur Massachusetts berbaring di sebuah hotel di Boston untuk menunggu hasil pemilihan.

Sementara suasana di markas Romney di Boston berkembang jadi sendu sepanjang malam saat para partisan menatap ponsel pintar mereka. Para pendukung Partai Republik yang kecewa terlihat meninggalkan tempat yang telah direncanakan sebagai lokasi perayaan kemenangan Romney di pusat kota Washington. Kekalahan di New Hampshire, di mana Romney punya sebuah rumah musim panas dan di Wisconsin, tempat asal calon wakil presiden Partai Republik Paul Ryan sangat memuakkan bagi Partai Republik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com