Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Menang, Siswa SD 1 Menteng Kirim Ucapan Selamat

Kompas.com - 07/11/2012, 12:34 WIB
Joe Leribun

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com — Para siswa SD 1 Menteng akan mengirim surat sebagai ucapan selamat atas kembali terpilihnya Barack Obama sebagai Presiden AS setelah mengungguli saingannya, Mitt Romney, dalam Pilpres AS pada hari ini. Surat yang dikirim tersebut akan ditulis dalam dua bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

"Kami sudah mengumumkan kepada siswa seluruhnya untuk menulis surat kepada Obama. Jadi, kita adakan lomba penulisan surat. Kami beri waktu kepada anak-anak untuk menulis dari hari ini hingga besok. Nanti kita seleksi, tulisan terbaik akan dikirim kepada Obama," jelas Kepala Sekolah SD 1 Menteng, Akhmad Solikhin, Rabu (7/11/2012).

Menurutnya, pihak sekolah akan menyeleksi 10 surat dalam bahasa Indonesia dan 10 surat dalam bahasa Inggris untuk dikirim kepada Obama. "Kami akan bekerja sama dengan Dubes Amerika untuk memfasilitasi pengiriman ucapan selamat ini," lanjut Akhmad.

Akhmad berharap, kemenangan Obama ini juga berdampak bagi SD 1 Menteng. "Sebagai seorang alumnus yang sukses, jelas Obama menjadi motivasi bagi anak-anak untuk belajar menjadi sukses seperti Obama. Kami pihak sekolah juga berharap Obama memberi perhatian kepada SD 1 Menteng dan negara kita ini, dia kan pernah di sini," lanjut Akhmad.

Seperti diberitakan, sejak pagi tadi para murid dan guru SD 1 Menteng menggelar nonton bareng proses Pilpres AS yang berlangsung pada Rabu pagi ini. Acara ini disambut antusias siswa dari kelas I sampai kelas VI. Sepertinya mereka sangat yakin, salah satu alumni terbaik sekolah tersebut, Obama, akan kembali mendapat suara terbanyak dalam Pilpres AS yang sedang berlangsung hari ini.

Acara yang mulai digelar sekitar pukul 09.00 WIB ini disambut antusias para murid, mulai dari kelas I hingga kelas VI. Euforia kemenangan Obama ini memuncak ketika beberapa stasiun televisi menampilkan posisi Obama yang unggul dari saingannya Romney. "Obama, Obama. Hidup Obama. Obama Yes!!" seru para siswa ini mengeluk-elukan Obama.

Tampak beberapa siswa juga membawa poster Obama. "We're all in this together. That's how we campaigned," tulisan pada akun Twitter Obama yang muncul di layar kaca ini menambah semangat para siswa tersebut.

"Kita merasakan ada hubungan psikologis antara sekolah ini dengan Obama. Dia boleh dikatakan sebagai salah satu alumni terbaik yang patut diteladani anak-anak di tempat ini. Jadi, tujuan utama nonton bareng ini agar anak-anak termotivasi menjadi sukses, ini inspirasi positif buat anak-anak," jelas Kepala Sekolah SD 1 Menteng, Akhmad Solikhin. Menurutnya, tujuan nonton bareng ini juga mendidik murid-murid akan makna demokrasi.

Ikuti perkembangan pemilihan presiden AS dalam topik pilihan "Pemilu Amerika"

Bagaimana presiden AS dipilih? Baca artikel-artikel berikut:

- Pilpres Amerika, Langsung atau Tak Langsung
- 270, Angka Sakti Pilpres AS
- Mengenal Ke-12 "Battleground States"
- Apa Itu "Swing States" dan "Split Vote"
- Mengapa Pemilu Presiden AS Hari Selasa Pertama November?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com