Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Toilet-toilet Unik di Dunia

Kompas.com - 07/11/2012, 12:01 WIB

KOMPAS.com — Pernah Anda membayangkan membuang air kecil sembari diperhatikan oleh orang-orang yang berlalu lalang di luar toilet atau WC? Berikut ini beberapa toilet unik yang mungkin saja menjadi "mimpi buruk" bagi Anda.

"Bermain Ski" dalam WC

Cobalah membayangkan melakukan olahraga ekstrem sembari "menjalankan kewajiban" Anda di kamar mandi! Perusahaan air minum berenergi asal Jepang, Georgia, telah membuat sebuah kamar mandi yang dapat membuat Anda merasakan sensasi tersebut.

Georgia mendesain kamar mandi unik ini dalam rangka mempromosikan minuman energi rasa kopi terbaru mereka.

Kamar mandi transparan

Berada di dalam toilet umum ini membuat Anda merasa seperti membuang air di tengah jalanan sibuk. Toilet unik yang berada di depan galeri Tate Britain di London ini terbuat dari kaca tembus pandang satu arah. Artinya, Anda dapat melihat dengan jelas kondisi sekeliling Anda. Namun, orang-orang di luar tidak dapat melihat Anda.

Toilet bernama "Don't Miss a Sec" (Tidak Melewatkan Sedetik Pun) ini adalah karya Monica Bonvicini. Menurut Bonvicini, ide membuat kamar mandi transparan tersebut muncul pada 1999 silam.

"Saya membuat gambarnya di atas pesawat terbang. Kamar mandi tersebut berelasi dengan kebutuhan, ketika sebuah acara seni besar tengah berlangsung. Ketika harus melihat dan dilihat, tidak tertinggal satu berita pun," ujarnya.

Lagi, WC transparan!

Toilet transparan memang selalu menarik perhatian. Toilet umum model transparan ini kembali dapat Anda temukan di Bar 89, New York. Berbeda dengan WC kaca satu arah buatan Monica Bonvicini, toilet ini memang benar-benar transparan. Hanya saja, ketika Anda mengunci pintu WC, pintu transparan tersebut seketika akan "berkabut".

Toilet yang dapat "bersembunyi"

Beberapa area yang menjadi pusat bar di London mengalami masalah serupa. Bau pesing sering kali menjadi "penghias" area tersebut, lantaran banyak pria mabuk berkeliaran di malam hari. Satu-satunya penyelesaian efektif adalah membangun lebih banyak toilet.

Sayangnya, toilet-toilet umum tidak tampak cantik di siang hari. Untuk menyelesaikan hal tersebut, pemerintah kota London memasang "tempat buang air kecil teleskopis". Toilet umum ini tidak akan tampak di siang hari dan baru akan "keluar" dari bawah tanah pada malam hari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com