Kompas.com - 07/11/2012, 10:06 WIB
Penulis Kris R Mada
|
EditorMarcus Suprihadi

BATAM, KOMPAS.com — Satu unit taksi hijau putih BM 1037 XW dirusak karena pengemudinya menolak ikut mogok di Batam, Kepulauan Riau, Rabu (7/11/2012). Perusakan terjadi di seberang Kantor Polres Barelang yang membawahkan Batam dan di dekat sejumlah polisi.

Awalnya, taksi itu meluncur dari arah Batu Ampar ke Simpang Kabil. Pada saat itu, di Simpang Jam, sejumlah orang sedang mencegat aneka taksi agar ikut mogok. Pencegat membawa tongkat kayu dan kerap mencegat hingga ke tengah jalan.

Salah satu taksi menolak berhenti. Pencegat berupaya memberhentikannya dengan mengayunkan tongkat kayu ke badan taksi. Tongkat salah seorang pencegat menghantam kaca belakang taksi.

Setelah kaca dirusak, pengemudi menghentikan taksinya. Beberapa polisi di sekitar tempat kejadian hanya melihat saja. Salah seorang perwira polisi menanyakan apakah pengemudi korban perusakan mau melapor atau tidak. Namun, pengemudi memilih pergi, sementara para pencegat tidak mendapat tindakan apa-apa dari polisi.

Pemogokan pagi ini bagian dari rangkaian penolakan atas beroperasinya taksi Blue Bird di Batam. Pekan lalu, sedikitnya dua kali serombongan pengemudi taksi mendatangi berbagai instansi untuk menyampaikan penolakan.

Hari ini, pemogokan dipusatkan di Kantor DPRD, dinas perhubungan, dan kantor perwakilan Blue Bird Batam. Ratusan taksi sudah diparkir di jalan depan Kantor DPRD. Akibatnya, kantor-kantor lain di sekitar Kantor DPRD Batam tidak bisa dicapai dengan kendaraan apa pun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.