Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Menang di Tanah Kelahiran Mitt Romney

Kompas.com - 07/11/2012, 09:53 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama berhasil merebut dua negara bagian yang menjadi medan tempur dalam pemilihan presiden, Selasa (6/11/2012), demikian Fox News melaporkan. Kedua negara bagian itu adalah Pennsylvania dan Michigan.

Kemenangan Obama di Michigan, yang merupakan tempat kelahiran Romney, tentu mengecewakan calon presiden dari Partai Republik itu. Apalagi, Romney senior pernah menjadi gubernur di negara bagian itu.

Meskipun demikian, battleground states besar, seperti Colorado, Wisconsin, Florida, New Hampshire, Ohio, Virginia, dan North Carolina, masih menunjukkan perolehan seimbang bagi kedua calon. Di Florida, misalnya, seperti dilaporkan CNN, kedua capres sempat mendapat suara sama, yakni 50 persen.

Romney sendiri diproyeksikan bakal menang di Texas, Louisiana, Kansas, North Dakota, South Dakota, Wyoming, Alabama, Mississippi, Oklahoma, Tennessee, West Virginia, South Carolina, Georgia, Indiana, dan Kentucky. Di Nebraska, Romney setidaknya merebut empat suara elektoral.

Fox News memproyeksikan Obama bakal merebut kemenangan di Illinois, New York, Delaware, Connecticut, Maryland, Massachusetts, New Jersey, Rhode Island, dan District of Columbia.

Ikuti perkembangan pemilihan presiden AS dalam topik pilihan "Pemilu Amerika"

Bagaimana presiden AS dipilih? Baca artikel-artikel berikut:

- Pilpres Amerika, Langsung atau Tak Langsung
- 270, Angka Sakti Pilpres AS
- Mengenal Ke-12 "Battleground States"
- Apa Itu "Swing States" dan "Split Vote"
- Mengapa Pemilu Presiden AS Hari Selasa Pertama November?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com