Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiga Muslim Syiah Tewas Ditembak di Pakistan

Kompas.com - 07/11/2012, 02:24 WIB

QUETTA, KOMPAS.com — Sejumlah orang tak dikenal menembak mati tiga orang muslim Syiah dan melukai dua lainnya dalam serangan sektarian terbaru di Quetta, Baluchistan, Pakistan, Selasa (6/11/2012). Quetta adalah salah satu wilayah yang kaya akan sumber daya alam minyak dan gas, tetapi rakyatnya miskin.

"Lima orang Syiah Hazara melewati Jalan Spini dengan taksi ketika mereka menjadi sasaran oleh dua orang bersenjata yang menunggu mereka," kata Asad Nasir, seorang pejabat senior polisi, kepada AFP.

"Tiga orang tewas dalam penembakan, sementara dua lainnya terluka. Kedua pria bersenjata tersebut kemudian melarikan diri dengan sepeda motor," katanya.

Wilayah Baluchistan dipenuhi gerilyawan Islam. Kekerasan sektarian antara milisi mayoritas Sunni dan minoritas Syiah terus terjadi. Selain itu, ada gerakan pemberontakan yang dilakukan oleh kelompok separatis.

Kekerasan meningkat di provinsi itu pada tahun 2012. Banyak aktivis hak asasi manusia telah menyuarakan keprihatinan mengenai peningkatan pembunuhan di wilayah ini.

Sebelumnya, pada September 2012, kelompok advokasi Human Rights Watch mengatakan, lebih dari 100 warga Syiah tewas dalam serangan sektarian di Baluchistan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com