Kompas.com - 07/11/2012, 02:24 WIB
EditorHindra

QUETTA, KOMPAS.com — Sejumlah orang tak dikenal menembak mati tiga orang muslim Syiah dan melukai dua lainnya dalam serangan sektarian terbaru di Quetta, Baluchistan, Pakistan, Selasa (6/11/2012). Quetta adalah salah satu wilayah yang kaya akan sumber daya alam minyak dan gas, tetapi rakyatnya miskin.

"Lima orang Syiah Hazara melewati Jalan Spini dengan taksi ketika mereka menjadi sasaran oleh dua orang bersenjata yang menunggu mereka," kata Asad Nasir, seorang pejabat senior polisi, kepada AFP.

"Tiga orang tewas dalam penembakan, sementara dua lainnya terluka. Kedua pria bersenjata tersebut kemudian melarikan diri dengan sepeda motor," katanya.

Wilayah Baluchistan dipenuhi gerilyawan Islam. Kekerasan sektarian antara milisi mayoritas Sunni dan minoritas Syiah terus terjadi. Selain itu, ada gerakan pemberontakan yang dilakukan oleh kelompok separatis.

Kekerasan meningkat di provinsi itu pada tahun 2012. Banyak aktivis hak asasi manusia telah menyuarakan keprihatinan mengenai peningkatan pembunuhan di wilayah ini.

Sebelumnya, pada September 2012, kelompok advokasi Human Rights Watch mengatakan, lebih dari 100 warga Syiah tewas dalam serangan sektarian di Baluchistan.

 

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.