Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kedepankan Kerukunan, Ketua Panitia MTQ Seorang Protestan

Kompas.com - 06/11/2012, 22:36 WIB
Dwi Bayu Radius

Penulis

 

PALANGKARAYA, KOMPAS.com-  Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Korps Pegawai RI (Korpri) I Tingkat Provinsi Kalimantan Tengah digelar di Palangkaraya,  pada 6-8 November 2012. Uniknya, yang menjadi ketua panitia acara ini adalah seorang pemeluk Agama Protestan.

"Tidak ada persoalan dalam penyelenggaraan kegiatan ini," ujar Wakil Sekretaris Panitia MTQ Korpri I Tingkat Provinsi Kalteng, Syahrudin seusai pembukaan acara itu, Selasa (6/11/2012). Berbagai pihak membantu Ketua Panitia MTQ Korpri I Tingkat Provinsi Kalteng, Yuel Tenggara agar acara itu berjalan lancar.

"Misalnya, Kantor Perwakilan Kementerian Agama Kalteng, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kalteng, dan mereka yang pernah menyelenggarakan acara serupa," kata Syahrudin. Ditunjuknya seorang nonmuslim sebagai ketua panitia acara itu merupakan tekad Pemprov Kalteng untuk mengedepankan kerukunan beragama.

"Pemprov Kalteng ingin melibatkan tak hanya satu agama. Jadi, itu menjadi indikasi kondusifnya kerukunan beragama di Kalteng," tuturnya. Bahkan, sekitar 50 persen dari jumlah panitia adalah nonmuslim. Jumlah panitia lebih kurang 50 orang yang terdiri dari 25 muslim dan 25 pemeluk protestan.

Ada pula dewan hakim yang terdiri dari 20 orang tapi semua muslim. Kalau jumlah peserta sebanyak 68 orang. "Mereka berasal dari sembilan kabupaten dan satu kota," kata Syahrudin.    

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com