Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu "Swing States" dan "Split Vote"

Kompas.com - 06/11/2012, 16:47 WIB

Berikut adalah sejumlah istilah yang familiar dalam penyelenggaraan Pemilu Presiden AS yang digelar pada Selasa (6/11) ini.

RACE TO 270

Presiden Amerika tidak dipilih berdasarkan suara rakyat terbanyak, tetapi oleh electoral college. Jumlah suara electoral college per negara bagian proporsional dengan jumlah populasi negara bagian itu. Negara Bagian California adalah yang terbesar, dengan 55 suara. Secara total ada 538 suara electoral college. Maka, untuk  mengamankan kursi Gedung Putih, seorang calon harus meraih 269 suara plus satu demi kemenangan mayoritas.  Itulah yang disebut Race to 270.

Partai Demokrat memulai pemilihan kali ini dengan keuntungan karena banyak negara bagian yang padat  penduduk, seperti California dan New York, yang merupakan basis Partai Demokrat. Menurut analisis situs Real Clear Politics, Partai Demokrat dari Presiden Barack Obama memulai kampanye dengan 201 suara. Penantang dari Partai Republik, Mitt Romney, mengantongi 191 suara.

SWING STATES

Dengan hitungan di atas, berarti tinggal 11 negara bagian yang diperebutkan (swing states). Dari 11 negara bagian itu, yang paling berharga adalah negara bagian dengan suara eletoral terbanyak tempat para calon bersaing ketat. Tahun ini, Negara Bagian Ohio, Florida, dan Virginia adalah yang paling penting, serta North Carolina, Pennsylvania, Wisconsin, Iowa, dan New Hampshire.

SPLIT VOTE

Hal ini juga berarti bahwa ada kemungkinan untuk kalah dalam meraih suara rakyat, tetapi tetap memenangi pemilu. Dengan Obama memimpin perhitungan suara electoral college sejauh ini, tetapi bersaing ketat dalam berbagai jajak pendapat nasional, banyak orang menduga hal itu akan bisa terjadi tahun ini (kalah dalam meraih suara rakyat tetapi tetap memenangi kursi Gedung Putih).

KONGRES

Orang AS tidak hanya memilih presiden mereka pada Selasa pagi ini (Selasa malam waktu Indonesia). Sekitar sepertiga dari anggota Senat akan dipilih, serta semua anggota DPR. Sejumlah prediksi awal menunjukkan, Partai Demokrat akan mempertahankan kontrol mereka di Senat, sebaliknya Partai Republik akan mempertahankan cengkeramannya di DPR. Hal itu memicu kekhawatiran bahwa gridlock di legislatif seperti saat ini berlanjut, tak peduli siapa pun yang akan meraih kursi Gedung Putih.

TRANSFER OF POWER

Jika Romney memenangi pemilu, ia segera akan menjadi presiden terpilih, tetapi tidak memiliki kekuasaan eksekutif resmi sampai dilantik. Dia akan dilantik dan mengambil sumpah jabatan di Washington DC pada siang hari tanggal 20 Januari 2013.

Untuk menjalankan roda pemerintahan antara terpilihnya presiden baru dan pelantikan, presiden terpilih secara tradisional akan menunjuk seorang pemimpin transisi guna mengelola tugas-tugas administrasi selama masa transisi kekuasaan. Seorang kepala staf Gedung Putih akan diumumkan dan sekretaris kabinet akan dicalonkan  meskipun mereka harus disetujui oleh suara mayoritas di Senat AS yang tidak dapat terwujud hingga tahun baru.

STATE BY STATE

Warga Amerika juga akan melakukan pemungutan suara pada sejumlah referendum, serta bagi negara bagian, daerah, dan bahkan untuk sejumlah posisi dewan sekolah. Diperkirakan sejumlah orang butuh waktu 45 menit hanya untuk mengisi surat suara mereka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com