Kompas.com - 06/11/2012, 11:18 WIB
EditorEgidius Patnistik

WASHINGTON, KOMPAS.com - Selain jajak pendapat dan survei, ada alternatif-alternatif yang tidak ilmiah namun dianggap cukup akurat dalam meramalkan hasil pemilu AS.

Meramalkan hasil pemilihan presiden AS merupakan sesuatu yang sulit. Partai politik, kantor berita dan para ahli telah mempelajari survei dan jajak pendapat publik selama berbulan-bulan, mencoba mengetahui siapa yang akan menang.

Tapi seberapapun bagusnya kalkulasi tersebut, meramalkan masa depan bukanlah sesuatu yang pasti. Bagi pengamat pemilu yang mencari hiburan di tengah penghitungan suara tradisional, berikut ini sejumlah alternatif untuk meramalkan pemenang pemilu, dengan sedikit humor dan imajinasi.

Gelas Kopi 7-Eleven

Para peminum kopi yang membeli minuman berkafein di jaringan toko 7-Eleven telah berhasil meramalkan pemenang presiden sejak 2000. Lewat proram “7-Election”, toko waralaba itu menawarkan para pemilih kesempatan untuk mendukung kandidat favorit mereka dengan memilih gelas biru untuk Presiden Barack Obama dan gelas merah untuk penantang dari Partai Republik Mitt Romney. Gelas regular “non-partisan” tersedia untuk pelanggan yang tidak bisa memutuskan pilihannya.

Para pelanggan boleh memilih sesering yang mereka bisa, dan pemilihan awal dimulai pada September. Dalam tiga pemilu terakhir, 7-Eleven mengatakan ada tujuh juta gelas kandidat yang terkumpul.

Siapa yang menang pemilihan gelas kopi tahun ini? Sejauh ini Obama mendapat 59 persen sementara Romney 41 persen di 34 negara bagian yang berpartisipasi.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Topeng Halloween

Pemilihan presiden jatuh hanya beberapa hari setelah Halloween, yang berarti bahwa topeng berwajah kandidat selalu menjadi pilihan yang populer di kalangan masyarakat Amerika. Toko laman BuyCostumes.com mengatakan bahwa topeng kandidat dari kertas yang dijualnya telah secara akurat meramalkan presiden AS berikutnya sejak 2000. Survei ini tentu saja tidak ilmiah. Motto pemilu untuk perusahaan ini adalah “1 topeng = 1 suara. Jajak suara ini dapat dibeli!”

Hasilnya, penjualan topeng Mitt Romney mencapai 51 persen, dan Obama 49 persen.

Halaman Selanjutnya
Halaman:
Baca tentang


    25th

    Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X