Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dua Kandidat Presiden AS Kampanye Terakhir

Kompas.com - 06/11/2012, 02:09 WIB

KOMPAS.com — Calon presiden Amerika Serikat dari Demokrat, Barack Obama, dan calon dari Republik, Mitt Romney, mengadakan kampanye hari terakhir (5/11/2012) sebelum pencoblosan pemilihan presiden.

Kedua calon mengadakan kampanye di negara-negara bagian yang menentukan kemenangan. Presiden Obama berkampanye di Wisconsin, Iowa, dan Ohio.

Wartawan BBC di Wisconsin, Helena Merriman, melaporkan, acara kampanye Obama di tempat tersebut diwarnai dengan perekrutan relawan-relawan.

Menurutnya, setiap orang yang datang di arena kampanye diberi kartu relawan dan disarankan untuk membujuk pemilih lain agar tetap memilih Demokrat.

Mitt Romney memulai kampanye hari terakhir di Florida. Dalam kampanye di Florida, Romney mengkritik pencapaian Presiden Obama dalam bidang ekonomi.

"Apakah Obama perlu menciptakan lapangan pekerjaan? Apakah perangnya terhadap batu bara, gas, dan minyak menciptakan lapangan pekerjaan baru?"

Romney mengklaim punya pengalaman

Romney kembali menegaskan bahwa dia mempunyai segudang pengalaman sebagai pengusaha untuk menata perekonomian Amerika, masalah utama yang dihadapi pemilih saat ini.

"Kita punya satu tugas yang belum dilaksanakan," kata Romney ketika merujuk pada pencoblosan pada Selasa besok (6/11/2012). Para pendukungnya menjawab, "Satu hari lagi."

Romney juga dijadwalkan mengadakan kampanye di Ohio.

Para pengamat mengatakan pertarungan kali ini merupakan salah satu yang paling sengit dalam sejarah Amerika Serikat dan kedua calon bersaing sangat ketat berdasarkan hasil jajak pendapat.

Sebanyak 30 juta pemilih telah memberikan suara melalui pencoblosan awal di 34 negara bagian sejauh ini. Dalam pemilihan presiden pada 2008, 130 juta warga memberikan suara.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com