Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Ke-12 "Battleground States"

Kompas.com - 05/11/2012, 19:34 WIB

KOMPAS.com - Dalam sistem pemilihan presiden AS, ada yang disebut sebagai Battleground States, atau bisa dikatakan sebagai negara-negara bagian yang suara pemilihnya menjadi rebutan para kandidat calon presiden.

Ada 12 negara bagian yang masuk katagori battleground states ini, yang secara tradisional negara-negara bagian ini bukanlah ladang kemenangan bagi Demokrat atau Republik. Namun, seringkali negara-negara bagian ini menjadi penentu kemenangan seorang kandidat.

Berikut, Kompas.com mengulas profil ke-12 battleground states, peluang kedua kandidat plus hasil jajak pendapat yang dilakukan realclearpolitics.com:

TIGA BESAR

1. Negara Bagian Ohio (18 suara elektoral)

Ohio mungkin menjadi negara bagian paling krusial di antara 12 battleground states. Di saat industri Ohio sedang terpuruk, nampaknya suara negara bagian ini cenderung akan diberikan kepada Barack Obama. Pada 2004, Ohio memberikan suaranya kepada George W BUsh (Republik). Jajak pendapat realclearpolitics.com mengunggulkan Obama 2,3 persen dari Romney.

2. Negara Bagian Florida (29 suara elektoral)

Negara bagian berjuluk Sunshine States ini tak hanya terkenal dengan pantai dan mataharinya. Florida juga menjadi idola para kandidat calon presiden AS. Dengan suara elektoral terbesar, maka Florida menjadi magnet utama. Pada pilpres 2000, Florida yang menentukan kemenangan George W Bush. Jajak pendapat realclearpolitics.com mencatat keunggulan Romney 1,2 persen di atas Obama.

3. Negara Bagian Virginia (13 suara elektoral)

Pada pilpres 2008 untuk pertama kalinya Virginia memilih capres Demokrat sejak 1964. Negara bagian yang terletak di sebelah utara Washington DC menjadi biru empat tahun lalu. Namun, kini pertarungan sesungguhnya terpusat di sekitar Norfolk, lokasi sejumlah pangkalan militer besar. Dengan kebijakan pengetatan anggaran militer di masa Obama, maka Romney akan unggul tipis di sini. Jajak pendapat realclearpolitics, Romney ungguli Obama dengan selisih 0,5 persen.

PERTARUNGAN KETAT

4. Negara Bagian Colorado (9 suara elektoral)

Colorado dibanjiri pendatang dari California dan tempat-tempat lain. Negara bagian pegunungan yang biasanya memihak Republik kini lebih cenderung mengikuti Demokrat. Colorado memberikan suaranya untuk Obama pada 2008. Tahun ini, sang petahana nampaknya agak sulit mempertahankan basis pendukungnya. Sehingga dia hanya unggul tipis 0,5 persen dari Romney.

5. Negara Bagian New Hampshire (4 suara elektoral)

Dengan kondisi berimbang seperti saat ini, maka suara dari negara bagian kecil seperti New Hampshire menjadi sangat berharga. Obama sudah berkampanye di New Hampshire setidaknya enam kali, sementara Romney delapan kali. Keunggulan tipis masih ada di tangan Obama dengan selisih hanya 1 persen.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com