Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS dan Jepang Latihan Perang di Perairan Sengketa

Kompas.com - 05/11/2012, 18:07 WIB

TOKYO, KOMPAS.com — Amerika Serikat dan Jepang menggelar latihan perang skala besar di sekitar Okinawa, dekat perairan yang disengketakan antara China dan Jepang.

Lebih dari 45.000 tentara Amerika Serikat dan Jepang mengikuti latihan perang hingga 16 November yang diberi nama Keen Sword.

Latihan perang melibatkan operasi angkatan udara dan angkatan laut di sekitar Okinawa, sebelah utara dari kepulauan yang diklaim oleh Jepang dan China.

Wilayah kepulauan yang disebut Senkaku di Jepang dan Diaoyu di China itu menyebabkan kedua negara mengalami kebuntuan diplomatik.

Namun, Jepang dan Amerika Serikat menegaskan, latihan perang tidak ada hubungannya dengan sengketa wilayah yang terjadi dan latihan perang telah direncanakan beberapa bulan sebelumnya.

Amerika tidak memberikan rincian mengenai latihan militer kali ini, tetapi melalui pernyataannya menyebutkan bahwa latihan militer bertujuan untuk "meningkatkan kemampuan kerja sama berbagai elemen yang dibutuhkan untuk mempertahankan Jepang secara efektif atau menanggapi krisis di kawasan Asia Pasifik".

Wartawan BBC di Tokyo, Rupert Wingfield-Hayes, melaporkan, semula latihan perang akan diadakan di sebuah pulau tak berpenduduk di kawasan pesisir selatan.

Provokatif

Berdasarkan rencana awal, pasukan Jepang dan Amerika akan melakukan operasi penyerbuan di pulau tersebut.

"Pada akhirnya Jepang atau Amerika memutuskan bahwa skenario itu terlalu provokatif bagi China, dan memutuskan untuk membatalkan operasi tersebut," tutur Wingfield-Hayes.

Namun, latihan perang di Pulau Okinawa dan sekitarnya, lanjut Wingfield-Hayes, tetap berlangsung.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com