Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Batal Maraton, Para Pelari Bantu Korban Badai Sandy

Kompas.com - 05/11/2012, 18:06 WIB
Ika Widya Mustika

Penulis

NEW YORK, Kompas.com - Ratusan pelari di New York City menolak pembatalan maraton yang rencananya berlangsung Minggu (4/11/2012). Mereka memilih untuk menyalurkan persiapannya selama berbulan-bulan itu dalam lomba informal untuk membantu para korban badai Sandy.

Di tengah kritikan dari para korban badai mengenai lomba itu yang akan menyita perhatian banyak orang dan akan mengabaikan bencana ini, Walikota Michael Bloomberg membatalkan maraton pada hari Jumat (2/11/2012). Event itu rencananya akan diadakan pada Minggu (4/11), yang diperkirakan akan menarik lebih dari 40.000 pelari ke kota.

Minggu pagi, lebih dari 1.000 orang yang berencana untuk tetap berlari, menyesaki dua kapal Staten Island Ferry, dan menuju ke barak guna memberikan bantuan mulai dari makanan dan kantong plastik untuk membantu membawa barang-barang warga dari toko atau rumah mereka yang sudah hancur.

Di rumah Ruth Silverberg, New Dorp Lane di Staten Island, sekelompok pelari marathon yang terdiri dari 15 orang, membantu untuk membentuk jalur perakitan dan membersihkan ruang bawah tanah dan membersihkan puing-puing bekas kejadian akibat banjir dengan ketinggian 1,4 meter.

"Saya terpesona," kata Silverberg (59), dengan suara serak, di mana dia berpikir akan butuh waktu 2 minggu untuk mengerjakannya namun para pelari tersebut menyelesaikannya hanya dalam waktu dua jam.

Salah satu pelari adalah Samantha Somach, yang berusia 29 tahun asal Manhattan yang takut akan reaksi keras dari warga Staten Island.

"Saya agak takut, takut kami tidak disambut baik. Namun kami bersyukur, bahkan beberapa orang ingin membayar kerja keras kami," kata Somach, manajer event untuk NASCAR.

Manhattan Central Park, yang akan menjadi garis finis maraton tersebut, juga penuh sesak dengan pelari. Sebuah kelompok yang disebut run4allcauses sedang mengumpulkan sumbangan untuk korban Sandy.

Kelly Rooney, pelari berusia 31 tahun yang tinggal di Florida ini awalnya kesal bahwa Bloomberg membatalkan maraton setelah bersikeras di awal minggu bahwa mereka akan tetap melaksanakan pertandingan meskipun terjadi badai Sandi yang berkekuatan 80 mil per jam dan gelombang air laut yang menghancurkan daerah pesisir dan menewaskan 110 orang di Amerika. Rooney pergi ke New York bersama suami dan putrinya berusia 6 tahun. Sementara itu orangtuanya terbang dari Meksiko untuk memberikan dukungan kepadanya.

Namun kenyataan yang dihadapi membuat Rooney kecewa. Meskipun demikian, setelah itu dia pun antusias menyambut ide memberikan bantuan kepada para korban dan dia melakukan iklan di internet.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com