Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Paul Ryan Jadi Harapan Kaum Konservatif

Kompas.com - 05/11/2012, 16:26 WIB

KOMPAS.com - Pemilihan Paul Ryan sebagai pendamping Mitt Romney dinilai sebagai langkah yang berani. Namun pemilihan Ryan, yang sangat konservatif, menyenangkan kaum konservatif yang bersikap dingin terhadap Romney.

Ryan dipandang sebagai tokoh muda yang karismatik dan segar, sebuah citra yang menurut para Republikan tidak dimiliki Romney.

Namun Ryan juga menjadi sasaran tembak yang empuk bagi Partai Demokrat karena sosok dan pandangannya yang sangat konservatif, hingga dikhawatirkan bisa "menakutkan" bagi pemilih independen.

Seperti Romney, Ryan kurang memiliki pengalaman kebijakan luar negari. Usianya yang masih muda, 42 tahun, membuat dinilai tidak siap menduduki kursi kepresidenan jika terjadi sesuatu pada Romney.

Meskipun demikian, Ryan sudah 14 tahun berada di kancah politik di Washington karena terpilih menjadi anggota DPR sejak berusia 28 tahun. Posisinya di DPR saat ini adalah ketua Komisi Anggaran. Dia memimpin upaya pemotongan anggaran belanja pemerintah dan menjuluki dirinya sendiri sebagai "elang fiskal".

Ryan dikenal dengan kerangka kerja anggarannya yang kontroversial, yang diberinya judul Path to Prosperity, yang dibuatnya untuk melawan anggaran Presiden Barack Obama pada 2011 dan 2012.

Paul Ryan juga memegang platform sosial yang konservatif, seperti layaknya kaum Republiken. Dia menentang pernikahan gay, adopsi gay, dan aborsi. Dia juga menentang pengendalian senjata api serta menyetujui pembangunan pagar pembatas sepanjang perbatasan AS-Meksiko.

Ryan merupakan putra bungsu dari empat bersaudara dan dilahirkan di Janesville, Wisconsin pada 1970. Dia lulus dari Miami University di Ohio dengan gelar di bidang ekonomi dan ilmu politik.

Semasa kuliah, dia pernah magang di kantor Senator Wisconsin Bob Katsen, menjadi relawan dalam kampanye John Boehner, yang kini ketua DPR AS, serta menjadi anggota College Republicans.

Ryan dikenal sebagai penggila kebugaran, bahkan sejumlah fotonya yang beredar menunjukkan dia bertelanjang dada dengan perut rata dan sedang mengangkat barbel di ruang fitnes. Menikah dengan Janna Ryan, seorang pengacara pajak, Ryan dikaruniai tiga anak, yakni Liza, Charles, dan Samuel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com