Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Charles Disambut di Papua Niugini

Kompas.com - 04/11/2012, 22:28 WIB
Pieter P Gero

Penulis

PORT MORESBY, KOMPAS.com — Calon pewaris takhta kerajaan Inggris, Pangeran Charles dan istrinya Camilla, melakukan kunjungan resmi di Port Moresby, Papua Niugini. Kunjungan ini merupakan bagian dari kunjungan mewakili Ratu Inggris Elizabeth II yang merayakan 60 tahun berkuasa sebagai ratu Inggris. Charles, hari Minggu (4/11/2012), melakukan pemeriksaan pasukan militer.

Charles tiba di Papua Niugini hari Sabtu. Di depan ribuan hadirin yang menyambutnya, Charles menyampaikan salam dari ibunya. Charles di Papua Niugini dikenal sebagai nambawan pikinini bilong misis kwin alias anak pertama ratu.

Pewaris takhta Inggris ini memeriksa parade militer yang dilakukan Royal Pacific Islands Regiment, di mana Pangeran Charles menjabat sebagai colonel-in-chief. Resimen ini dibentuk pertama pada Perang Dunia II untuk menghadapi pasukan Jepang pada tahun 1942 menyusul invasi Jepang atas Papua Niugini.

Kunjungan Pangeran Charles ini merupakan bagian dari 60 tahun bertakhtanya Ratu Elizabeth II yang juga menjadi ratu atau kepala negara dari negara-negara Persemakmuran, kelompok negara bekas jajahan Inggris.

Putra Pangeran Charles, Pangeran William dan Catherine Middleton, sebelumnya sudah berkunjung ke Papua Niugini pada September lalu. Charles kemarin disambut Gubernur Jenderal Sir Michael Ogio.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com