Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Survei: Obama Ungguli Romney di Florida dan Ohio

Kompas.com - 03/11/2012, 17:03 WIB

WASHINGTON, KOMPAS.com - Presiden Amerika Serikat Barack Obama mempertahankan keunggulannya atas pesaingnya dari Partai Republik Mitt Romney di Ohio dan Florida, dua negara bagian paling menentukan dalam pemilu presiden AS, menurut jajak pendapat.

Hasil survey NBC News/Wall Street Journal/Marist menunjukkan, Jumat (2/11/2012), tiga hari sebelum pemungutan suara pada Selasa, Obama memegang keunggulan enam poin dibandingkan Romney di kalangan pemilih, yakni 50 persen dibandingkan Romney yang mendapat 45 persen.

Di Florida, presiden mendapat dukungan 49 persen dari kalangan pemilih, lebih tinggi dibandingkan Romney sebesar 47 persen.

Keunggulan di dua negara bagian ini akan menjadi kunci kemenangan menuju Gedung Putih pada pemungutan suara pada yang akan diselenggarakan pada Selasa (6/11/2012).

Perlu diketahui, kemenangan di Florida bakal memberi 29 suara elektoral (electoral college), sementara Ohio memiliki 18 suara elektoral.

Untuk memenangi pemilihan presiden AS seorang kandidat membutuhkan 270 suara elektoral. Seorang kandidat membutuhkan 270 "electoral college" untuk memenangi pemilihan umum tersebut.

Hasil jajak pendapat NBC/WSJ/Marist memiliki margin of error minus 2,5 persen, sementara survei di Ohio 3,1 persen.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com