Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dari Lembah Silikon sampai Homer Simpson

Kompas.com - 03/11/2012, 02:52 WIB

Lembah Silikon mungkin tempat persembunyian bagi pendukung klasik Barack Obama. Namun, dalam pemilu tahun ini, anggota komunitas teknologi itu ternyata punya pendapat berbeda soal siapa yang harus duduk di Gedung Putih. Para pemrogram junior dan staf pemasaran cenderung mendukung petahana dari Partai Demokrat.

Sebaliknya, para eksekutif yang bertanggung jawab untuk mengelola keuntungan perusahaan sering memiliki pemikiran yang konservatif. Mereka pun cenderung mendukung penantang dari Partai Republik, Mitt Romney. Demikian pengamatan para pelaku industri.

Banyak pegawai yang mengaku kecewa terhadap presiden dalam empat tahun pertama masa jabatannya. Meski demikian, perusahaan-perusahaan teknologi di Lembah Silikon tetap menjadi donor utama kampanye Obama. Perusahaan seperti Microsoft dan Google tetap berada di puncak daftar penyumbang kampanye Obama setelah Universitas California, Goldman Sachs, dan Universitas Harvard.

Di sisi lain, tekanan untuk mendapat keuntungan dan pertumbuhan laba di Lembah Silikon membuat Romney merupakan calon yang menarik bagi sebagian eksekutif dan kubu kapitalis. Lima penyumbang utama Romney adalah institusi keuangan besar, yaitu Goldman Sachs, Bank of America, Morgan Stanley, JPMorgan Chase, dan Credit Suisse Group.

Berlomba mendukung

Semakin dekat pemilu, urusan dukung-mendukung menjadi semakin seru. Obama mendapat dukungan dari Gubernur New York Michael Bloomberg yang tidak mendukung siapa pun pada pemilu 2008.

Sementara media yang mendukung Obama, antara lain, The Washington Post dan mingguan The Economist. Walau mendukung, dalam tajuknya, The Washington Post menekankan kekecewaan pada kinerja Obama. Di kalangan selebritas, Obama didukung, antara lain, oleh Ben Affleck, Jessica Alba, Alec Baldwin, dan Selena Gomez.

Sementara Romney mendapat dukungan dari New York Post karena Obama dianggap tak dapat memperbaiki perekonomian. Juga menuai dukungan dari Detroit News. Jajaran artis yang berada di belakang Romney adalah Chuck Norris dan tokoh kartun Homer Simpson. Anda sendiri mendukung siapa?(AFP/Reuters/joe)

 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com