Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Data Positif, Wall Street Melonjak

Kompas.com - 02/11/2012, 07:31 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Beberapa data positif pada kepercayaan konsumen dan sektor manufaktur mendorong Wall Street berakhir menguat pada Kamis (1/11/2012) waktu setempat (Jumat pagi WIB).

Pasar saham AS dibuka kembali datar pada Rabu, menyusul penutupan paksa pada Senin dan Selasa akibat Badai Sandy yang menerjang Pantai Timur AS.

Data penting lainnya bervariasi pada laba dan perkiraan suram untuk bulan-bulan mendatang dari perusahaan seperti ExxonMobil dan Pfizer.

Indeks Dow Jones Industrial Average berakhir naik 136,16 poin (1,04 persen) pada 13.232,62,  Indeks S&P 500 naik 15,43 poin (1,09 persen) menjadi 1.427,59, sementara Nasdaq menambahkan 42,83 poin (1,44 persen) pada 3.020,06.

"Sejumlah laporan ekonomi positif melengkapi data lebih baik dari yang diperkirakan pada aktivitas manufaktur di China, memberikan ekuitas AS dorongan yang sangat dibutuhkan hari ini," kata analis Charles Schwab & Co.

Indikator ekonomi menggembirakan mengangkat sentimen investor menjelang laporan pekerjaan AS untuk Oktober yang banyak ditunggu pada Jumat, gambaran  kondisi ekonomi terakhir sebelum pemilu 6 November.

Pasar melompat lebih tinggi karena kenaikan dalam kepercayaan konsumen: indeks dari Conference Board untuk Oktober naik menjadi 72,2 dari angka revisi 68,4 pada September dan lebih baik dari perkiraan.

Juga membantu adalah naiknya indeks pembelian manajer ISM untuk sektor industri, menjadi 51,7 persen dari 51,5 persen pada September.

Ditambah lagi, industri otomotif melaporkan bahwa penjualannya terus naik pada Oktober, sekalipun Badai Sandy menahan penjualan di pesisir timur laut AS yang padat penduduk pada tiga hari terakhir bulan lalu.

Saham General Motors naik 0,7 persen dan Ford naik 0,8 persen. Masing-masing saham perusahaan telah meroket lebih tinggi pada Rabu, setelah laba kuartalan mereka berbalik lebih baik dari perkiraan.

Pada 30-saham Dow, 26 saham berakhir di wilayah positif, dipimpin oleh Bank of America yang naik 4,5 persen dan Microsoft naik 3,5 persen.vCaterpillar naik 2,8 persen dibantu oleh kenaikan menjanjikan indeks pembelian manajer di China. ExxonMobil naik 0,5 persen setelah labanya mengalahkan perkiraan dengan penurunan hanya tujuh persen.

Sedangkan Wal-Mart , merupakan salah satu saham unggulan (blue-chip) yang turun terbesar 2,1 persen, diikuti oleh Pfizer turun 1,3 persen, setelah laba bersih pembuat obat  itu mengecewakan karena  jatuh 14 persen dan menurunkan proyeksi untuk sisa tahun ini.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com