Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kakek Terpisah dari Rombongan

Kompas.com - 01/11/2012, 08:48 WIB
Agus Mulyadi

Penulis

MEKKAH, KOMPAS.com — Seorang kakek bernama Jamingan Atmorejo Ahmad (65), asal Pematang Siantar, Sumatera Utara, terpisah dengan istri, Boini, dan rombongannya selama tiga hari.

Ia terpisah setelah membeli air mineral di salah satu toko di Mina. Saat ia keluar dari toko itu, rombongannya telah pergi.

Jamingan yang pensiunan pegawai perkebunan sawit di Pematang Siantar itu menghabiskan dua malam menginap di Masjidil Haram sambil menunggu kedatangan anggota rombongan. Ia akhirnya ditolong petugas dengan dibawa ke Daerah Kerja (Daker) Mekkah, Misi Haji Indonesia, dan telah satu malam menginap di kantor Daker.

Jamingan dan istrinya berangkat berhaji menggunakan fasilitas biro perjalanan dengan ongkos masing-masing 8.500 dollar AS. Keduanya digabung di Jakarta dengan rombongan berjumlah sekitar 60 anggota. Rombongan itu berangkat 6 Oktober 2012 dan rencananya kembali pada 10 November 2012.

Setelah terpisah  dengan rombongan, ia kehilangan kontak dengan pembimbing dan rekan-rekannya. Ia juga tidak tahu rumah tempat pondokan mereka. Nomor-nomor yang tertera di gelang hajinya tidak dapat dihubungi walaupun kadang-kadang terdengan nada sambung.

"Anak saya empat. Mereka cemas dan menanyakan saya terus. Mereka yang mengongkosi kami. Tidak tahu ini, paspor tak ada sama saya," katanya.

Jamingan menyebutkan, hanya dia dan istri yang ikut dari Medan. Maktabnya nomor 73 di Arafah. Sementara maktab jemaah haji reguler hingga nomor 72.

"Istri saya kurang sehat. Dua telepon ada pada saya," kata Jamingan, yang mengaku anaknya dua di Palembang, satu di Tambun Bekasi, dan satu lagi di Malaysia.

 

 

Sumber: Antara

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com