Terowongan Kereta Api Masih Terendam Air

Kompas.com - 01/11/2012, 04:14 WIB
Editor

NEW YORK CITY, RABU - Pemerintah federal dan negara bagian di daerah bencana di Amerika Serikat terus bekerja keras, Rabu (31/10), untuk menyelamatkan para korban dan mulai memulihkan pelayanan dasar bagi publik setelah serangan badai Sandy. Namun, banyak terowongan kereta api bawah tanah masih terendam air.

Pemerintah Negara Bagian New Jersey, Selasa malam, mengerahkan pasukan Garda Nasional ke kota Hoboken untuk menyelamatkan ribuan warga yang terjebak banjir di rumah mereka. Pasukan militer itu juga dikerahkan untuk membantu memompa air banjir yang menggenangi rumah-rumah penduduk.

Di Staten Island, New York, polisi mengirim helikopter untuk menjemput penduduk yang terjebak di atap rumah mereka karena banjir.

Gubernur New Jersey Chris Christie menyatakan akan meminta secara langsung kepada Presiden Barack Obama agar memerintahkan Korps Zeni Angkatan Darat AS untuk membantu membangun kembali kawasan pesisir yang luluh lantak diterjang Sandy, Senin malam lalu.

Presiden Obama dijadwalkan mengunjungi lokasi bencana di dekat Atlantic City, New Jersey, Rabu sore waktu setempat. Sehari sebelumnya, Christie memuji reaksi cepat Obama dalam menangani dampak bencana.

Beberapa infrastruktur dasar, seperti jalan bebas hambatan di Negara Bagian Connecticut dan sejumlah jembatan di Sungai Hudson dan Sungai East, New York, sudah dibuka.

Fokus upaya pemulihan kembali ini memang dipusatkan di New York City, kota yang menjadi pusat aktivitas ekonomi AS.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Dua bandar udara internasional di dekat kota itu, yakni Bandara Internasional John F Kennedy dan Bandara Internasional Newark Liberty, mulai dibuka lagi pada Rabu pukul 07.00. Namun, operasional bandara, termasuk penerbangan reguler, diperkirakan belum sepenuhnya normal.

Satu bandara lagi, yakni Bandara La Guardia, masih belum bisa dioperasikan karena air menggenangi seluruh kawasan landasannya.

Pemerintah New York City juga mulai mengoperasikan bus- bus kota pada Selasa malam meskipun belum melayani semua rute.

Halaman Selanjutnya
Halaman:


Video Pilihan

26th

Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.