Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Obama Kunjungi Daerah Bencana

Kompas.com - 01/11/2012, 01:14 WIB

NEW JERSEY, KOMPAS.com Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengunjungi Negara Bagian New Jersey, Rabu (31/10/2012), untuk meninjau kerusakan yang diakibatkan terjangan badai Sandy.

Badai terdahsyat yang pernah menerjang AS ini menyebabkan 50 orang tewas dan mengakibatkan jutaan orang harus hidup tanpa pasokan listrik.

Sementara itu, sebanyak 6,2 juta rumah dan pusat bisnis di pesisir timur Amerika Serikat saat ini harus hidup tanpa pasokan listrik. Demikian penjelasan Departemen Energi AS. Kondisi ini diperkirakan membuat AS menanggung kerugian antara 30 miliar dollar AS -40 miliar dollar AS.

New York, salah satu kota yang paling parah diterjang badai, perlahan-lahan mulai kembali normal. Sebagian layanan kereta bawah tanah sudah bisa beroperasi kembali, demikian juga dengan layanan bus kota dan sebagian besar jembatan di New York sudah kembali dibuka. Bandara JFK dan Newark Liberty sudah kembali beroperasi, sedangkan bandara LaGuardia masih tutup

Kembali ke New Jersey, bersama Gubernur Chris Christie, Presiden Obama mengunjungi tim penyelamat dan warga kota Atlantic City, korban badai Sandy.

Kesigapan Obama yang memutuskan membatalkan kampanyenya demi memimpin upaya menghadapi dan menanggulangi bencana ini mendapat pujian Gubernur Christie yang adalah politisi Partai Republik.

BBC Amerika Utara melaporkan pujian yang datang dari "lawan" politik seperti ini akan bergema lebih keras dibandingkan dengan dukungan dari selebritas atau kelompok masyarakat tertentu.

Secara total, badai Sandy menewaskan 120 orang di Karibia dan Amerika Serikat.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com