Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Dipuji karena Sigap soal Bencana

Kompas.com - 31/10/2012, 10:49 WIB
Simon Saragih

Penulis

CHICAGO, KOMPAS.com Presiden AS Barack Obama dipuji karena dianggap sangat sigap soal bencana alam akibat terjangan badai Sandy.

Ini adalah badai yang menenggelamkan wilayah pantai New Jersey dan New York, serta membuat arus putus ke lebih dari dua juta warga. Kesigapannya membuat warga melihat Obama benar-benar seperti presiden sejati, yang peduli pada keadaan warga.

"Instruksi saya adalah kita harus mendalami apa yang tidak bisa kita lakukan dan bagaimana cara agar kita bisa melakukan sesuatu," demikian kata Obama yang ditayangkan di berbagai televisi AS.

Obama intensif dan berinisiatif menghubungi Federal Emergency Management Administration (FEMA), sebuah badan di AS yang antara lain bertugas khusus soal penanganan bencana.

"Saya ingin Anda menghilangkan prosedur dan birokrasi. Tidak ada maaf bagi yang tidak mau bertindak. Saya ingin semua badan terkait melakukan aksi secepatnya," kata Obama, sebagaimana dikutip di Chicago Tribune, edisi Rabu (31/10/2012).

FEMA adalah badan yang pernah diusulkan Mitt Romney untuk dibubarkan saja. Saat berada di Ohio, Romney dicecar wartawan. "Apakah Anda masih ingin membubarkan FEMA," demikian Tanya wartawan kepada Romney, yang tidak merespons.

Berbagai media di AS menyebut Obama sebagai pemimpin yang benar-benar beraksi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com