Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 30/10/2012, 12:15 WIB

KOMPAS.com - Penelitian terbaru menunjukkan vaksinasi flu juga dapat melindungi Anda dari serangan jantung.

Studi terbaru yang dipresentasikan dalam Kongres Kardiovaskuler 2012 di Toronto menunjukkan, pasien yang mendapatkan vaksinasi influenza 50 persen lebih kecil risikonya mengalami serangan jantung, stroke, atau kematian akibat jantung dibanding mereka yang diberi suntikan plasebo (kosong).

Dr. Jacob Udell dari Women's College Hospital and the University of Toronto  menegaskan temuan ini didasarkan atas pemantauan terhadap 3.227 pasien yang setengah di antaranya divonis mengidap sakit jantung. Separuh dari ribuan pasien ini secara acak mendapatkan vaksinasi influenza.

Selain mengurangi risiko kardiovaskuler, penelitian juga menemukan mereka yang diberikan vaksinasi flu berisiko 40 persen lebih rendah mengalami kematian akibat beragam penyebab dibanding pasien yang disuntik plasebo.

Udell menerangkan, manfaat vaksin flu terkait penyakit jantung adalah adanya perlindungan terhadap pasien-pasien yang mengalami kesulitan bernafas saat mereka sakit disertai flu. Risiko kesulitan bernafas memang akan membuat risiko kematian lebih besar terutama ketika mengalami stroke atau serangan jantung.  Vaksinasi juga dapat mencegah peradangan yang menyebabkan pecahnya pembuluh arteri.

Para ilmuwan menekankan bahwa penemuan ini masih dalam tahap awal, sehingga perlu dilakukannya riset lebih lanjut untuk memastikan manfaat vaksin flu ini bagi penderita penyakit jantung.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com