Kompas.com - 30/10/2012, 10:45 WIB
EditorKistyarini

SEOUL, KOMPAS.com — Setelah menghilang dari pandangan publik selama 50 hari, istri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, akhirnya muncul kembali. Ketidakhadiran Ri Sol Ju itu sempat menimbulkan rumor dia hamil atau tidak lagi disukai sang suami.

Kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA) mengatakan, Ri Sol Ju mendampingi suaminya di sebuah acara musik dan pertandingan sepak bola di Pyongyang, Senin (29/10/2012).

"Marshall Kim Jong Un, pemimpin tertinggi partai dan rakyat, tiba di kursi penonton didampingi istrinya Ri Sol Ju. Saat ini, tepuk tangan membahana," kata KCNA.

Kim mengambil alih tampuk kepemimpinan Korut setelah ayahnya, Kim Jong Il, meninggal akhir tahun lalu. Kabar bahwa dia memiliki istri terungkap pada Juli lalu setelah sejumlah foto menunjukkan perempuan stylish itu mendampingi Kim pada acara-acara resmi negara. Televisi pemerintah di Pyongyang akhirnya membenarkan status Ri Sol Ju bulan lalu.

Tiba-tiba pada awal September lalu, dia tidak muncul di hadapan publik sama sekali. Ketidakhadirannya memunculkan spekulasi bahwa dia sedang hamil. Namun, rumor lain menyebut dia tengah menjalani hukuman karena tidak mengenakan lencana bergambar mendiang Kim Jong Il atau Kim Il Sung, yang menjadi kewajiban warga dewasa Korut.

Foto pada acara Senin kemarin menunjukkan Ri, yang mengenakan mantel panjang, bertepuk tangan ketika Kim menyambut sorak-sorai hadirin.
Kantor berita Korea Selatan Yonhap meniupkan gosip kehamilan Ri dengan mengamati area perut Ri yang terlihat membuncit.

Pengumuman pernikahan Kim Jong Un dengan Ri Sol Ju menandai perubahan sikap rezim yang selama ini tertutup tentang kehidupan pribadi para pemimpinnya. Laporan intelijen yang dikutip media Korsel menyebut, pasangan itu menikah pada 2009 dan memiliki satu anak.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Ri digambarkan berasal dari keluarga biasa. Ayahnya seorang akademisi, sementara ibunya seorang dokter. Dia pernah mengunjungi Korsel pada 2005 sebagai salah satu pendukung tim Korut di ajang Kejuaraan Atletik Asia.



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X