Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Digosipkan Hamil, Istri Kim Jong Un Muncul Lagi

Kompas.com - 30/10/2012, 10:45 WIB

SEOUL, KOMPAS.com — Setelah menghilang dari pandangan publik selama 50 hari, istri pemimpin Korea Utara, Kim Jong Un, akhirnya muncul kembali. Ketidakhadiran Ri Sol Ju itu sempat menimbulkan rumor dia hamil atau tidak lagi disukai sang suami.

Kantor berita Korut, Korean Central News Agency (KCNA) mengatakan, Ri Sol Ju mendampingi suaminya di sebuah acara musik dan pertandingan sepak bola di Pyongyang, Senin (29/10/2012).

"Marshall Kim Jong Un, pemimpin tertinggi partai dan rakyat, tiba di kursi penonton didampingi istrinya Ri Sol Ju. Saat ini, tepuk tangan membahana," kata KCNA.

Kim mengambil alih tampuk kepemimpinan Korut setelah ayahnya, Kim Jong Il, meninggal akhir tahun lalu. Kabar bahwa dia memiliki istri terungkap pada Juli lalu setelah sejumlah foto menunjukkan perempuan stylish itu mendampingi Kim pada acara-acara resmi negara. Televisi pemerintah di Pyongyang akhirnya membenarkan status Ri Sol Ju bulan lalu.

Tiba-tiba pada awal September lalu, dia tidak muncul di hadapan publik sama sekali. Ketidakhadirannya memunculkan spekulasi bahwa dia sedang hamil. Namun, rumor lain menyebut dia tengah menjalani hukuman karena tidak mengenakan lencana bergambar mendiang Kim Jong Il atau Kim Il Sung, yang menjadi kewajiban warga dewasa Korut.

Foto pada acara Senin kemarin menunjukkan Ri, yang mengenakan mantel panjang, bertepuk tangan ketika Kim menyambut sorak-sorai hadirin.
Kantor berita Korea Selatan Yonhap meniupkan gosip kehamilan Ri dengan mengamati area perut Ri yang terlihat membuncit.

Pengumuman pernikahan Kim Jong Un dengan Ri Sol Ju menandai perubahan sikap rezim yang selama ini tertutup tentang kehidupan pribadi para pemimpinnya. Laporan intelijen yang dikutip media Korsel menyebut, pasangan itu menikah pada 2009 dan memiliki satu anak.

Ri digambarkan berasal dari keluarga biasa. Ayahnya seorang akademisi, sementara ibunya seorang dokter. Dia pernah mengunjungi Korsel pada 2005 sebagai salah satu pendukung tim Korut di ajang Kejuaraan Atletik Asia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com