Kompas.com - 30/10/2012, 06:49 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Pusat Badai Nasional AS, pada Selasa (30/10/2012), mengatakan, badai Sandy kini sudah tak dikategorikan sebagai badai karena kekuatannya sudah menurun. Meski demikian, Sandy yang kini menuju ke arah New Jersey dan Delaware itu dianggap masih berbahaya.

Salah satu bahaya yang ditimbulkan badai Sandy adalah ombak laut yang mencapai ketinggian 3,8 meter yang terjadi di Kings Point, New York. Meski kekuatannya sudah menurun, kecepatan Sandy tercatat masih mencapai 135 km per jam.

Saat Sandy masih di puncak kekuatannya, badai ini membuat pasokan listrik untuk sejumlah kawasan berpenduduk lebih dari 1,5 juta orang di pesisir timur AS putus.

Ancaman badai Sandy ini juga membuat dua kandidat calon presiden AS, Barack Obama dan Mitt Romney, membatalkan rencana kampanye mereka. Obama bahkan langsung kembali ke Washington DC untuk memimpin proses menghadapi dan menanggulangi bencana ini.

Presiden Obama bahkan sudah mengingatkan warga di wilayah yang kemungkinan besar akan dilalui Sandy bahwa bencana ini bisa mengakibatkan dampak buruk. Meski pemerintah sudah bersiap, lanjut Obama, putusnya aliran listrik dan jaringan transportasi dalam jangka waktu lama sangat mungkin terjadi.

Sementara itu, warga kebanyakan mulai mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan terburuk. Sebagian warga membeli lampu senter, air kemasan, dan menyimpan persediaan makanan. Di kawasan-kawasan rendah, warga menyusun karung-karung pasir untuk sedikit mengurangi masuknya air ke dalam kediaman mereka.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Baca tentang


    25th

    Ada hadiah uang elektronik senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X