Kompas.com - 30/10/2012, 02:09 WIB
EditorErvan Hardoko

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama memberikan peringatan kepada jutaan warga AS di kawasan yang akan dihantam badai Sandy, Senin (29/10/2012) waktu setempat.  

Meskipun persediaan makanan, air bersih, dan pembangkit listrik sudah disiapkan pemerintah, Obama mengingatkan dampak bencana ini bisa sangat buruk dengan kemungkinan terputusnya aliran listrik dan transportasi dalam jangka waktu yang lama.

"Tolong dengarkan pemerintah negara bagian Anda dan pejabat lokal. Jika mereka perintahkan Anda untuk mengungsi, maka mengungsilah. Jangan menunda, jangan berhenti, jangan mempertanyakan instruksi mereka, sebab ini (Sandy) adalah badai yang sangat kuat," kata Obama dalam pidatonya.

Obama menyampaikan pidatonya di Gedung Putih, hanya delapan hari menjelang pemungutan suara pada 6 November mendatang. Beberapa jam sebelumnya, Obama memutuskan untuk membatalkan kampanye di Florida dan kembali ke Washington DC.

Dia menolak menjawab pertanyaan seputar dampak badai ini ke kampanyenya. Obama menegaskan saat ini prioritas utamanya adalah keselamatan warga.

Obama mengatakan dia sudah berbicara dengan para gubernur yang wilayahnya kemungkinan besar akan terimbas hantaman badai Sandy.

"Sudah ada koordinasi yang sangat erat di antara berbagai level pemerintahan," Obama menggambarkan kesiapan pemerintah menghadapi bencana ini.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Meski demikian, Obama tetap menegaskan bahwa dampak bencana ini tak akan mudah ditanggulangi.

"Warga harus mengantisipasi bahwa listrik akan terputus untuk waktu yang cukup lama. Demikian pula transportasi," ujarnya.

"Pemerintah memastikan, warga bisa memperoleh pasokan makanan, air bersih, dan generator," tambahnya.

Badai Sandy yang akan menghantam pesisir timur AS ini diperkirakan memengaruhi setidaknya 50 juta orang dan beberapa kawasan paling padat penduduk di AS.

 

Baca tentang


    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.