Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: Jika Diminta Mengungsi, maka Mengungsilah

Kompas.com - 30/10/2012, 02:09 WIB

WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama memberikan peringatan kepada jutaan warga AS di kawasan yang akan dihantam badai Sandy, Senin (29/10/2012) waktu setempat.  

Meskipun persediaan makanan, air bersih, dan pembangkit listrik sudah disiapkan pemerintah, Obama mengingatkan dampak bencana ini bisa sangat buruk dengan kemungkinan terputusnya aliran listrik dan transportasi dalam jangka waktu yang lama.

"Tolong dengarkan pemerintah negara bagian Anda dan pejabat lokal. Jika mereka perintahkan Anda untuk mengungsi, maka mengungsilah. Jangan menunda, jangan berhenti, jangan mempertanyakan instruksi mereka, sebab ini (Sandy) adalah badai yang sangat kuat," kata Obama dalam pidatonya.

Obama menyampaikan pidatonya di Gedung Putih, hanya delapan hari menjelang pemungutan suara pada 6 November mendatang. Beberapa jam sebelumnya, Obama memutuskan untuk membatalkan kampanye di Florida dan kembali ke Washington DC.

Dia menolak menjawab pertanyaan seputar dampak badai ini ke kampanyenya. Obama menegaskan saat ini prioritas utamanya adalah keselamatan warga.

Obama mengatakan dia sudah berbicara dengan para gubernur yang wilayahnya kemungkinan besar akan terimbas hantaman badai Sandy.

"Sudah ada koordinasi yang sangat erat di antara berbagai level pemerintahan," Obama menggambarkan kesiapan pemerintah menghadapi bencana ini.

Meski demikian, Obama tetap menegaskan bahwa dampak bencana ini tak akan mudah ditanggulangi.

"Warga harus mengantisipasi bahwa listrik akan terputus untuk waktu yang cukup lama. Demikian pula transportasi," ujarnya.

"Pemerintah memastikan, warga bisa memperoleh pasokan makanan, air bersih, dan generator," tambahnya.

Badai Sandy yang akan menghantam pesisir timur AS ini diperkirakan memengaruhi setidaknya 50 juta orang dan beberapa kawasan paling padat penduduk di AS.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com