Kompas.com - 29/10/2012, 14:05 WIB
EditorEgidius Patnistik

NEW YORK, KOMPAS.com  Badai Sandy tampaknya akan bikin pening perusahaan penerbangan AS, yang terpaksa membatalkan lebih dari 7.000 penerbangan ke dan dari koridor timur laut (Northeast) negara itu, Minggu (28/10/2012).

Sementara itu, hotel di wilayah tersebut sibuk menangani pembatalan sewa kamar dari tamu yang tak bisa mencapai tujuan mereka di wilayah Northeast, perpanjangan menginap bagi tamu yang tak bisa meninggalkan kota, dan pesanan kamar buat orang yang meninggalkan rumah mereka.

Perusahaan penerbangan mulai membatalkan penerbangan di wilayah Northeast pada Minggu malam, saat kota besar mulai dari Washington sampai Boston bersiap menghadapi kemungkinan banjir dan angin kencang akibat badai tersebut, yang diperkirakan memasuki daratan dalam beberapa hari ke depan.

Menurut Flightaware.com, akibat Badai Sandy, lebih dari 7.000 penerbangan telah dibatalkan hingga Minggu pukul 21.00. Perusahaan penerbangan membebaskan biaya buat orang yang harus mengubah rencana bepergian karena penerbangan dibatalkan.

Di New York City, waktu pembatalan penerbangan seperti US Airways ditentukan oleh keputusan kota itu untuk mulai menutup sistem transit massanya pada pukul 19.00 waktu setempat, saat penumpang tak mungkin bisa pergi ke dan dari bandar udara.

US Airways menyatakan, perusahaan tersebut tampaknya harus membatalkan hampir 2.000 penerbangan akibat badai itu, mulai Minggu pukul 19.00. Perusahaan tersebut memperkirakan akan bisa melanjutkan penerbangan pada Selasa waktu setempat, tetapi menyatakan banjir dan lamanya badai dapat mengakibatkan penundaan lagi.

Perusahaan penerbangan tersebut juga menyatakan akan memindahkan pesawat dari daerah badai dalam upaya menghindari kerusakan. Pengaturan kembali posisi pesawat itu setelah cuaca cerah dapat mengakibatkan penundaan tambahan.

Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Konsultan transportasi George Hamlin memperkirakan Badai Sandy dapat membuat industri angkutan menderita kerugian ratusan juta dollar AS. "Itu adalah gangguan dalam masalah biaya tambahan," kata Hamlin.

Pada puncak kerugian penghasilan, perusahaan penerbangan tampaknya harus mengeluarkan biaya tambahan buat staf mereka jika mereka terjebak jauh dari pangkalan pusat mereka. "Jika Anda membatalkan satu atau dua hari penerbangan, itu bisa membuat sebagian orang kehilangan beberapa hari untuk sampai ke tempat yang mereka tuju," katanya.

American Airlines menyatakan berencana menghentikan penerbangannya di Northeast pada hari Minggu pukul 21.00 waktu setempat. Hal itu melibatkan 140 penerbangan pada Minggu dan pra-pembatalan sebanyak 1.431 penerbangan lagi dari Senin sampai Rabu.

JetBlue Airways Corp menyatakan, perusahaan tersebut membatalkan lebih dari 1.000 penerbangan sampai Rabu pagi. Delta Airlines Inc mengatakan, perusahaan penerbangan itu membatalkan 180 penerbangan pada Minggu dan menduga harus membatalkan ratusan penerbangan lagi pada Senin waktu setempat.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca tentang


    Video Pilihan

    26th

    Ada hadiah voucher grab senilai total Rp 6.000.000 dan 1 unit smartphone.

    Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar.

    Syarat & Ketentuan
    Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
    Laporkan Komentar
    Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

    Terkini Lainnya

    komentar di artikel lainnya
    Close Ads X
    Lengkapi Profil
    Lengkapi Profil

    Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.