Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jet Tempur Israel Gempur Gaza

Kompas.com - 29/10/2012, 08:15 WIB

GAZA CITY, KOMPAS.com — Jet tempur F16 Israel, Minggu (28/10/2012) malam, menyerang satu gedung kosong yang sedang dibangun di sebelah timur kamp pengungsi Al-Bureij di bagian tengah Jalur Gaza. Tidak ada laporan mengenai korban luka akibat serangan itu, kata beberapa sumber keamanan dan paramedis.

Pesawat tempur itu terbang di atas wilayah kantong pantai tersebut pada malam hari dan menembakkan satu rudal ke bangunan itu, yang membuatnya rata dengan tanah, kata beberapa sumber keamanan. Ditambahkannya, warga di kamp pengungsi tersebut mendengar suara ledakan keras di daerah itu.

Petugas paramedis yang bergegas ke daerah itu setelah rudal tersebut menghantam bangunan mengatakan, tak ada laporan mengenai korban cedera, tetapi bangunan itu mengalami kerusakan, kata Xinhua.

Serangan udara Israel pada Minggu malam itu merupakan reaksi atas serangan roket sebelumnya yang ditembakkan oleh pejuang di Jalur Gaza ke Kota Beer Sheba, Israel utara, kata Radio Israel.

Menurut laporan tersebut, empat roket Grad buatan Rusia ditembakkan dari Jalur Gaza dan mendarat di permukiman di bagian selatan wilayah Israel itu, tetapi tak ada korban cedera.

Komite Perlawanan Rakyat (PRC), yang pro-Hamas, menyatakan bahwa gerilyawannya menembakkan roket Grad dari Jalur Gaza ke Israel selatan, sebagai reaksi atas terbunuhnya seorang gerilyawan Hamas pada malam sebelumnya.

Pada Sabtu (27/10/2012) malam, jet tempur Israel menyerang sekelompok gerilyawan di sebelah timur kota Khan Yunis, Jalur Gaza, menewaskan seorang anggota Hamas dan melukai seorang lagi.

Kerusuhan baru tersebut di Jalur Gaza antara Israel dan kelompok gerilyawan Palestina terjadi dua hari setelah kedua pihak mencapai kesepakatan gencatan senjata rapuh yang diperantarai Mesir.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
    Video rekomendasi
    Video lainnya


    Terkini Lainnya

    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    komentar di artikel lainnya
    Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
    Close Ads
    Bagikan artikel ini melalui
    Oke
    Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com