Kompas.com - 28/10/2012, 06:05 WIB
EditorAloysius Gonsaga Angi Ebo

DAMASKUS, Kompas.com - Kerusuhan di negara yang dirongrong protes, Suriah, berlangsung terus pada Sabtu (27/10/2012), hari kedua liburan Idul Adha, kendati gencatan senjata diumumkan.

Kelompok bersenjata mengincar lima instalasi pompa air di Kabupaten Slaiman al-Halabi di Kota Alepo, Suriah utara, kata stasiun TV resmi. Ditambahkannya, serangan tersebut mengakibatkan kekurangan pasokan air di beberapa bagian kota itu.

Sementara itu, stasiun radio Sham FM menyatakan beberapa pria bersenjata menghentikan satu bus penumpang di daerah Andan di Aleppo dan membakarnya, serta menewaskan 14 warga sipil yang jadi penumpang.

Media lain pro-pemerintah menyatakan kelompok bersenjata melepaskan tembakan ke arah tentara Suriah di Provinsi Idlib, Suriah utara, dan pinggiran Ibu Kota Suriah, Damaskus, seperti Douma, Harasta, Zamalka dan Arbeen.

Militer membalas serangan itu dan menewaskan sejumlah pelaku teror, kata laporan tersebut, sebagaimana dikutip Xinhua.

Sementara itu, pegiat oposisi mengatakan jet tempur Suriah menyerang pinggiran timur Damaskus, yang bergolak, dan menewaskan banyak orang.

Komite Koordinasi Lokal, satu jaringan pegiat, menyatakan 39 orang tewas di seluruh negara tersebut pada Sabtu.

Terima kasih telah membaca Kompas.com.
Dapatkan informasi, inspirasi dan insight di email kamu.
Daftarkan email

Saat masing-masing pihak yang bertikai saling menyalahkan, harapan bagi keberhasilan gencatan senjata yang diusulkan oleh utusan bersama PBB-Liga Arab Lakhdar Brahimi telah pudar.

Brahimi telah melakukan misi ulang-alik di antara negara di wilayah itu guna mengegolkan gencatan senjata selama empat - hari liburan Idul Adha sebagai awal bagi penghentian lebih lanjut kerusuhan. Namun liburan Idul Adha dimulai pada Jumat, dan kerusuhan terus berkecamuk.

 



25th

Tulis komentar dengan menyertakan tagar #JernihBerkomentar dan #MelihatHarapan di kolom komentar artikel Kompas.com. Menangkan E-Voucher senilai Jutaan Rupiah dan 1 unit Smartphone.

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads X