Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kubu Romney Main Kasar

Kompas.com - 27/10/2012, 11:12 WIB
Simon Saragih

Penulis

 

ATLANTA, KOMPAS.com - Kubu Mitt Romney mulai main kasar menjelang Pemilu Presiden Amerika Serikat pada 6 November mendatang. Salah satu penasihat Romney, capres AS dari Partai Republik, mengatakan Jenderal Colin Powell mendukung Presiden AS Barack Obama karena mereka berdua sama-sama keturunan Afrika.

Kepada televisi CNN pada hari Jumat, mantan Gubernur New Hampshire, John Sununu mengatakan Powell sama-sama keturunan Afrika. Menurut Sununu adalah alasan ras ini yang membuat Powell menyatakan dukungan pada Obama. Sununu mengatakan itu mengomentari pernyataan Powell yang mengakui bahwa pada tahun 2008 lalu dia memilih Obama. Powell menegaskan akan melakukan hal serupa tahun ini juga. Alasan Powell, di bawah Obama AS sudah pada jalur yang benar.

Amerika Serikat, menurut Powel, sudah benar terkait kebijakan tentang Afganistan dan Irak. Powell adalah elite Partai Republik dan pernah menjabat Menlu AS di bawah mantan Presiden AS George W Bush. Powell mengatakan, Romney memunculkan nuansa neo-konservatif. Ini menjadi alasan Powell juga untuk mendukung Obama. Ucapan Powell ini tentang neo-konservatif merefleksikan wajah AS yang lebih tegas, lebih garang, dan bernuansa rasialis dengan mengutamakan supremasi kulit putih. Powell mengatakan agak khawatir dengan warna neo-konservatif itu. Akan tetapi Powell mengatakan dukungannya pada Obama didasarkan pada pikiran obyektif.Obama mengatakan, komentar Sununu tidak masuk akal. Menurut Obama, dia menghargai sikap Powell yang berterung terang dan juga paham siapa Powell, yang dia nilai memiliki integritas.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com