Kompas.com - 26/10/2012, 16:50 WIB
|
EditorErvan Hardoko

SAMPANG, KOMPAS.com - Perayaan Idul Adha tahun ini cukup berbeda dirasakan ratusan warga Syiah Sampang, Jawa Timur, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Meski hanya beralaskan terpal plastik, mereka terlihat sangat khusuk menjalankan ibadah Solat Id di penampungan, gedung tenis indoor, Sampang, Jumat (26/10/2012).

Usai menjalankan ibadah, mereka pun menyantap hidangan sederhana dengan lauk pauk ala kadarnya menjadi pelengkap perayaan Idul Adha.

"Kalau kemarin (tahun lalu) kita bisa sempurna menjalankan Idul Adha bersama para tetangga walaupun ada perbedaan pemahaman. Tapi sekarang kita terisolasi,"kata pemimpn warga Syiah, Iklil al Milal.

Rencananya, kaum Syiah di penampungan akan menyembelih hewan kurban berupa seekor sapi dan dan tiga ekor kambing.

"Daging kurban itu tidak hanya kita nikmati di penampungan saja, tetapi akan kita berikan juga ke warga yang ada di Desa Bluuran dan Desa Karang Gayam," ungkap adik kandung Tajul Muluk ini.

Dalam suasana Idul Adha seperti saat ini, para pengikut Syiah merindukan saat-saat bersilaturrahim dengan sanak famili dan tetangga lainnya.

Biasanya, mereka saling tukar hidangan dan bersenda gurau menikmati indahnya hari raya.

"Kita hanya bisa menyampaikan kepada warga lainnya agar mereka tetap bersabar meskipun tetap berada di penampungan," tandasnya. (Taufiqurrahman/K17-11).

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.



27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

komentar di artikel lainnya
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.