Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Syiah Rayakan Idul Adha di Penampungan

Kompas.com - 26/10/2012, 16:50 WIB
Kontributor Pamekasan, Taufiqurrahman

Penulis

SAMPANG, KOMPAS.com - Perayaan Idul Adha tahun ini cukup berbeda dirasakan ratusan warga Syiah Sampang, Jawa Timur, jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya.

Meski hanya beralaskan terpal plastik, mereka terlihat sangat khusuk menjalankan ibadah Solat Id di penampungan, gedung tenis indoor, Sampang, Jumat (26/10/2012).

Usai menjalankan ibadah, mereka pun menyantap hidangan sederhana dengan lauk pauk ala kadarnya menjadi pelengkap perayaan Idul Adha.

"Kalau kemarin (tahun lalu) kita bisa sempurna menjalankan Idul Adha bersama para tetangga walaupun ada perbedaan pemahaman. Tapi sekarang kita terisolasi,"kata pemimpn warga Syiah, Iklil al Milal.

Rencananya, kaum Syiah di penampungan akan menyembelih hewan kurban berupa seekor sapi dan dan tiga ekor kambing.

"Daging kurban itu tidak hanya kita nikmati di penampungan saja, tetapi akan kita berikan juga ke warga yang ada di Desa Bluuran dan Desa Karang Gayam," ungkap adik kandung Tajul Muluk ini.

Dalam suasana Idul Adha seperti saat ini, para pengikut Syiah merindukan saat-saat bersilaturrahim dengan sanak famili dan tetangga lainnya.

Biasanya, mereka saling tukar hidangan dan bersenda gurau menikmati indahnya hari raya.

"Kita hanya bisa menyampaikan kepada warga lainnya agar mereka tetap bersabar meskipun tetap berada di penampungan," tandasnya. (Taufiqurrahman/K17-11).

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com