Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gencatan Senjata Awal Proses Damai

Kompas.com - 26/10/2012, 09:18 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Iran Ali Akbar Salehi berkomentar soal gencatan senjata antara pemerintah Suriah dengan oposisi. Dalam suatu percakapan telepon dengan Utusan Khusus Perdamaian PBB- Liga Arab untuk Suriah Lakhdar Brahimi, ia mengatakan gencatan senjata adalah langkah menuju proses damai.

"Saya memuji usaha Lakhdar Brahimi memulihkan masalah di Suriah," katanya di Tehran sebagaimana warta IRNA-OANA, kemarin.

Sementara, Brahimi mengatakan berterima kasih kepada Akbar Salehi. "Iran membantu proses gencatan senjata itu," katanya.

Sebelumnya pada hari itu, Menlu Akbar Salehi dalam satu percakapan telepon dengan mitranya dari Suriah, Menteri Luar Negeri Walid al-Muallem menyebut  gerakan  oleh pemerintah Suriah merupakan langkah positif dan patut dipuji.
   
"Pihak  lain juga harus memberikan respon yang sesuai kepada niat baik pemerintah Suriah dan dengan mengamati gencatan senjata membuka jalan untuk menciptakan perdamaian di negara itu (Suriah)," kata Salehi.
   
Menlu Suriah Walid al-Muallem mengucapkan terima kasih kepada Republik Islam Iran atas pembentukan perdamaian dan ketenangan di Suriah.

 
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com