Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Prajurit TNI Juara Satu Menembak Pistol di Lebanon

Kompas.com - 26/10/2012, 00:53 WIB
Fabian Januarius Kuwado

Penulis

JAKARTA, KOMPAS.com - Prajurit TNI Satgas Batalyon Mekanis Konga XXIII-F/UNIFIL (United Nations Interim Force In Lebanon), meraih juara pertama di kompetisi menembak Intercontingen Shooting Championship, Lebanon. Urutan satu itu didapat dari kelas menembak menggunakan pistol laras pendek.

Berdasarkan siaran pers dari Pusat Penerangan Markas Besar TNI kepada Kompas.com, Kamis (25/10/2012), kompetisi itu diselenggarakan di lapangan tembak Sektor Ebel El Saqi, Lebanon Selatan, Selasa (23/10/2012), waktu setempat.

Perwira Penerangan Satgas Konga XXIII-F/UNIFIL, Lettu Inf Suwandi mengatakan, prajurit TNI menempati urutan pertama setelah mendapatkan nilai mutlak kumulatif Tim 435. Sementara urutan kedua diraih Indbatt (India Battalion) dengan nilai  415, sedangkan urutan ketiga, yaitu LAF (Lebanise Armed Force) Brigade 8 dengan  total nilai 346.

Lomba menembak tingkat Sektor Timur UNIFIL kali ini diikuti oleh 8 tim petembak yaitu Spain Batt (Spanyol), Indobatt (Indonesia), Indbatt (India), Nepalbatt (Nepal), Malcoy (Malaysia), Sector East Military Police Unit (Indonesia), Brigade-8 LAF (Lebanon) dan Brigade-9 LAF.

"Kompetisi ini mempertandingkan dua kelas, yaitu senjata laras panjang (Rifle) dan senjata pistol. Untuk kelas laras panjang, TNI menempati urutan kedua setelah India dengan nilai 267," ujarnya.

Meski demikian, dari nilai kalkulasi akhir pada dua kelas kejuaraan Intercontingen Shooting Champoionship Sektor Timur UNIFIL, juara umum dimenangkan oleh India Battalion dengan nilai 711 dan peringkat kedua adalah prajurit TNI dengan nilai 702. Sedangkan, urutan ketiga diraih Brigade-9 LAF dengan nilai 540.

Tim penembak TNI yang tampil pada turnamen ini adalah Kapten PSK Puthut Herwanto, Praka Marlin dan Serda Hari Santoso yang turun dikelas Pistol. Sementara yang turun dikelas laras panjang, yaitu Serka Agus, Serda Anton dan Pratu Sapriyadi.  

Piala untuk pemenang diserahkan oleh Komandan Sektor Timur UNIFIL Brigadir Jenderal Manuel Romero Carril. Piala untuk Indobatt diterima Kapten PSK Phutut. Turut hadir, Wadansatgas Indobatt Letkol Mar FJH. Pardosi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com