Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Rusia Jual Kepemilikan Sahamnya

Kompas.com - 25/10/2012, 22:44 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemerintah Rusia bakal menjual kepemilikan sahamnya di sejumlah perusahaan besar seperti Rosneft. Menteri Pembangunan Ekonomi Rusia Andrei Belousov mengemukakan hal itu di Moskwa sebagaimana warta Itar-TASS pada Kamis (25/10/2012).

Sampai kini, pemerintah Rusia memiliki 75 persen saham Rosneft melalui perusahaan milik negara Rosneftegaz. Rencananya, pemerintah bakal melepas 6 persen kepemilikan sahamnya di Rosneft."Penjualan itu bisa mendongkrak anggaran federal mencapai lebih dari 140 miliar rubel atau setara dengan 4,5 miliar dollar AS," imbuh Belousov.

Tahun depan, kata Belousov menambahkan, pemerintah Rusia juga bakal melepas kepemilikan sahamnya di beberapa perusahaan besar. Beberapa nama yang disebut Belousov antara lain perusahaan permata Alrosa, operator Sovcomflot, bank VTV,  dan maskapai penerbangan Sibir.

Sementara, minggu ini, Rosneft meneken perjanjian dengan British Petroleum (BP) dan perusahaan-perusahaan AAR terkait akuisisi perusahaan minyak TNK-BP. Dengan akuisisi ini, Rosneft menjadi perusahaan publik terbesar Rusia di bidang perminyakan.

Andai penjualan saham itu terwujud, pemerintah Rusia bakal mendapat dana 270 miliar rubel atau setara dengan 8,7 miliar dollar AS. Duit sebanyak itu berasal dari penjualan saham pemerintah pada delapan perusahaan besar pada 2013.

Tak cuma itu, lanjut Belousov, pemerintah Rusia juga akan menjual sekitar 500 miliar rubel atau setara 16 miliar dollar AS andilnya di beberapa perusahaan besar lainnya semisal Perusahaan Kereta Api Rusia (RZD), maskapai penerbangan Aeroflot, bandar udara Sheremetyevo, dan sebagainya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com